image
Selamat Datang Di Blog Tekno RC
Terima kasih Sobat Tekno Atas Kunjungannya di blog Tekno RC,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Tips Penting Cara Beli Smartphone Seken

loading...
Beberapa Panduan wajib yang harus di patuhi saat membeli Smartphone bekas. HP smartphone murah sudah bertebaran di toko gadget baik toko online maupun toko HP yang berada di berbagai kota bahkan sampai ke kecamatan.

Bagi user yang sedikit berkelas tidak berminat dengan smartphone murah yang tentunya memiliki fitur yang terbatas seperti resolusi kamera yang standar 3 mp, baterai yang cepat ngedrop atau tidak bisa bbm di android karena versinya masih di bawah ice cream dan jelly beam. maka smartphone kelas menengah atas lah yang menjadi incaran meskipun smartphone seken yang penting gengsinya lho...

Akibat kurang teliti dan hanya mengejar HP smartphone kelas atas pengguna kadang lupa dan tidak peduli dengan hal-hal penting yang harus mereka perhatikan dalam membeli smartphones bekas, sehingga tidak jarang mereka akan mengalami kekecewaan setelah barang berada ditangan.

tips hp seken
Berikut kami sarikan dari merdeka 6 tips, trik dan cara membeli smartphone seken ;

1. HP Legal atau tidak
Hal pertama yang harus Anda periksa saat membeli smartphone bekas adalah memeriksa riwayat asal-usul barang tersebut. Pastikan bahwa barang yang Anda beli legal dan bukan barang selundupan atau hasil kejahatan lainnya.

Hal ini bisa dilihat dari kartu garansi, nota pembelian sebelumnya, segel yang terpasang di badan ponsel, dan tentunya IMEI.

Kenapa harus legal? Karena pemerintah lewat Kemendag dan Kemenkominfo pernah menyatakan akan memberantas peredaran smartphone atau ponsel lainnya yang memiliki IMEI palsu dan tidak terdaftar di Indonesia.

2. Riwayat penggunaan HP
Jangan percaya jika sang penjual bilang kalau smartphone lawas yang mereka jajakan adalah bekas pakai milik perempuan atau baru dipakai beberapa saat saja. Ada baiknya Anda tanya-tanya dulu pernah dipakai apa saja smartphone tersebut.

Percuma saja kalau smartphone tersebut masih bagus namun ternyata sudah pernah kena root, jatuh, atau kena kecelakaan yang bisa menyebabkan kecacatan pada smartphone tersebut. Jadi, perhatikan dengan benar aspek satu ini.

3. Cek Fisik HP
Cek fisik di sini harus dilakukan secara mendetail mulai dari luar hingga dalam-dalamnya. Pastikan layar, tombol fisik, bodi, hingga baterai masih dalam keadaan utuh dan tidak cacat.

Ada baiknya Anda sudah tahu bagaimana bentuk fisik asli barang tersebut saat masih baru. Hal ini guna menghindari penipuan saat Anda membelinya dalam keadaan bekas.

4. Utamakan yang bergaransi
Kebanyakan smartphone yang dijual adalah smartphone yang sudah habis masa garansinya. Namun, banyak juga yang masih dalam masa garansi dan dijual oleh pemiliknya dengan berbagai alasan.

Usahakan cari smartphone yang masih bergaransi meskipun itu hanya seminggu. Atau, Anda juga bisa minta penjual smartphone memberikan garansi sekitar seminggu sebagai antisipasi kalau saja smartphone tersebut mengalami kendala dalam beberapa hari penggunaannya.

5. Cari yang masih ada support Produsen
Produsen smartphone kadang menghentikan dukungan baik dalam bentuk penanganan kerusakan ataupun update software bagi perangkatnya yang lawas. Jika Anda berpikir untuk beli smartphone bekas, maka perhatikan juga opsi satu ini.

Dengan masih adanya dukungan dari produsen terhadap smartphone tersebut, maka hajat hidupnya akan terbantu setidaknya dalam masa yang lama. Namun, jika sudah tidak didukung lagi, maka Anda akan mengalami kesulitan tiap kali ingin upgrade software atau fitur terbaru.

6. Pertimbangan harga
Puncaknya, tentu saja adalah masalah kocek atau harga. Jika smartphone yang Anda beli harganya selisih Rp 500 ribu ke bawah jika dibandingkan dengan yang baru, maka sebaiknya urungkan saja niat beli smartphone bekas tersebut. Tabung dulu uang Anda hingga akhirnya bisa membeli yang baru.

Namun, jika harganya terpaut sangat jauh atau lebih dari Rp 500 ribu, tak ada salahnya untuk dibeli. Hal ini tentu juga harus memperhatikan adanya alternatif smartphone lain atau promo-promo yang diberikan oleh produsen dan distributor smartphone lain.
Enter your email address to get update from Tekno RC Blog.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Harap Maklum Masbro, Komentar dengan Link Aktif Otomatis Terhapus. Trims

Copyright © 2015. TeknoRC - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger