image
Selamat Datang Di Blog Tekno RC
Terima kasih Sobat Tekno Atas Kunjungannya di blog Tekno RC,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.
loading...

Motor Matik Paling Irit Honda, Suzuki Atau Yamaha

loading...
Apa motor skuter matic  atau skutik yang paling irit? Suzuki, Yamaha atau Honda yang paling irit ? Kategori motor metik paling irit bisa mencapai jarak tempuh puluhan km, minimal 50 km per liter BBM bahkan bisa 1 liter BBM per 60 km. Berdasarkan uji kompetensi motor metik injeksi yang beredar di Indonesia ; Honda Beat, Mio J dan Suzuki Nex diperoleh hasil yang dapat menjadi referensi bagi peminat motor matik untuk segera memiliki matik paling irit.

Berdasarkan pengujian detikOto yang menjajal keiritan motor skutik injeksi yang dipasarkan di Indonesia. Ada 3 motor yang diuji oleh detikOto, di antaranya Honda BeAT, Suzuki Nex dan Yamaha Mio J.

Pengujian adu irit itu menggunakan metode 1 liter tembus atau sampai berapa km. Pertamanya, ketiga motor yang tangki bensinnya masih penuh dikosongkan terlebih dulu sampai motor benar-benar tidak menyala.


Setelah itu, masing-masing sepeda motor diisikan bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertamax dengan RON 92 masing-masing 1 liter. Sebelum menguji, para pengendara terlebih dulu dilakukan penimbangan berat badan. Peralatan keamanan pun dikenakan seperti helm, jaket dan sarung tangan.

Brumm, suara mesin pun mulai dinyalakan secara berbarengan dan bendera pun mulai diangkat. Ketiga motor berjalan dari markas detik.com yang berada di bilangan Warung Jati Barat Raya, Jakarta Selatan secara beriringan dengan kecepatan minimal 40 km/jam dan maksimal di 50 km/jam.

Dari kantor detikcom, perjalanan berlangsung hingga ke kawasan Kuningan dan berbelok tepat di Komisi Pemilihan Umum (KPU) menuju jalan Jendral Sudirman lanjut lagi ke Gatot Subroto, MT Haryono lalu putar balik di daerah Cawang dilanjutkan ke kawasan Ragunan, Kemang, Fatmawati, Pondok Indah, Arteri Pondok Indah, Kemang dan berakhir di detikcom

Kondisi di jalanan cukup beragam, macet dibeberapa titik pun banyak ditemukan oleh ketiga riders. Tapi sebelum sampai ke kantor detikcom, diantara ketiga motor itu sudah ada yang tumbang. Selama di perjalanan, semua riders dilarang curang seperti mengisi bahan bakar di tempat lain, hingga mematikan mesinnya saat lampu merah. Cara berkendara pun dilakukan dengan sewajarnya, hanya saja kecepatannya dilakukan konstan dengan kecepatan minimal 40 km/jam hingga maksimal 50 km/jam.

Hasilnya, melirik ke odometer, BeAT menjangkau 1075,1 km, sedangkan dari posisi awalnya 1017,6. Itu artinya untuk Honda BeAT bisa berjalan sejauh 57,5 km dengan bahan bakar 1 liter bensin. Sebelum benar-benar mati total, Honda BeAT ini ternyata bisa menyimpan cadangan bensin yang terletak di filter tangki bahan bakar. Sepertinya ini yang menyebabkan BeAT masih bisa berlari lebih jauh lagi.

Jadi, ketika motor sudah tersendat-sendat dan mati pertama kali saat distarter lagi masih bisa menyala dan dijalankan lagi. Hal itu terjadi hingga 3 kali mati, untuk keempat kalinya motor itu benar-benar tidak bisa dinyalakan lagi dan dinyatakan bahan bakarnya habis.

Namun tak bisa disangkal, BeAT yang mampu menempuh 57,5 km per liter BBM, harus mengakui keunggulan konsumsi BBM Suzuki Nex yang menembus 60,3 km untuk 1 liter bensinnya. sedangkan Yamaha Mio J menempuh 51 km untuk 1 liter BBM, beda 6-9 km dibanding 2 pesaingnya.

Hmm.. dari segi model atau tampilan Yamaha dan Honda masih lebih unggul desainnya dibandingkan Suzuki, sehingga calon pembeli terkadang lebih tertarik kepada model daripada keiritan kendaraan yang ditawarkan. ayo suzuki untuk lebih inovatif dalam mendisain skutiknya. agar lebih dilirik konsumen di Indonesia.

Updated ; motor matik honda telah mengeluarkan varian terbarunya yang diklaim lebih irit dari pendahulunya 1/60-an km per liter bbm. all new honda beat esp dan beat pop esp dengan sistem pengereman cbs dengan bosy yang tidak berbeda jauh. sementara pesaing utamanya yamaha matik mengeluarkan matik mesin core blue.

Baca Juga ; Cara Mudah Merawat Motor Matic Agar Irit BBM
Enter your email address to get update from Tekno RC Blog.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Harap Maklum Masbro, Komentar dengan Link Aktif Otomatis Terhapus. Trims

Copyright © 2015. Tekno RC - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger