image
Selamat Datang Di Blog Tekno RC
Terima kasih Sobat Tekno Atas Kunjungannya di blog Tekno RC,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.
loading...

Cara Mudah Perbaiki Pompa Air Yang Tiba-Tiba Mati

loading...
Pompa air mati belum tentu rusak. Pompa air biasa disebut dengan Sanyo meski mereknya bukan Sanyo adalah mesin kebutuhan pokok bagi sebuah rumah yang tidak menggunakan air PDAM.

Bahkan banyak juga rumah tangga yang menggunakan pompa air meski mereka telah berlangganan air PAM. Alasannya beragam sebagai jaga-jaga jika air PDAM sewaktu-waktu mati terutama di saat hujan deras.

Kebetulan mesin pompa air yang saya gunakan bermerk Sanyo, maka saya akan menyingkat istilah pompa air dengan sebutan Sanyo, sama seperti ketika masyarakat awam menyebut sepeda motor dengan istilah Honda padahal merek motor tersebut bisa saja Yamaha, Kawasaki, Suzuki atau Jialing. Sebutan tak tepat ini juga berlaku untuk motor skuter yaitu Vespa. Halah kok jadi ngebahas motor ??

Kembali ke topik, saya ingin berbagi pengalaman dengan sobat tekno mengenai cara mudah memperbaiki pompa air yang rusak, tepatnya yang tiba-tiba mati saat digunakan. Cara ini sangat mudah sehingga sobat tidak perlu memanggil tukang service dinamo.


Kadang untuk hal-hal yang berbau elektronik atau kelistrikan sebagian besar orang masih takut untuk mengutak atiknya karena takut korsleting maupun takut kesetrum. Padahal tidak sepenuhnya benar.

Kebetulan waktu itu di rumah belum tersambung dengan air PDAM karena belum ada jaringan ke komplek saya. Jalan termudah satu-satunya adalah membuat sumur bor yang otomatis menggunakan sanyo untuk menaikkan airnya.

colokan listrik pompa air sanyo

Awalnya aktivitas mesin sanyo berjalan dengan mulus, tapi setelah beberapa tahun mulai terjadi masalah, dimana mesin sanyo mati mendadak saat digunakan. Padahal air di bak mandi sudah hampir di dasar, wah jadi binun dan cemas juga karena hari sudah mulai sore dan anggota keluarga belum pada mandi.

Pada saat kebingungan tersebut, iseng-iseng saya browsing bagaimana solusi pompa air yang tiba-tiba mati saat digunakan, akhirnya ketemu juga solusinya dan saya praktekkan mau tak mau. Setelah saya periksa sesuai petunjuk ternyata yang menyebabkan sanyo mati mendadak karena kepala kabel colokan yang ke stop kontak listrik ada yang lepas dari cantelannya. (kebetulan kabel colokan sanyo saya sudah pernah disambung, karena kurang panjang)

colokan listrik pompa air

Buka baut penutup kabel colokan listriknya, kemudian periksa kedudukan 2 kabel kecil yang ada didalamnya kalau goyang atau terlepas segera perbaiki

Setelah dibetulkan sebagaimana mestinya dan colokan kabel sanyo kembali dipasangkan, akhirnya air dapat mengalir kembali. Banyak hal-hal kecil yang cukup merepotkan apabila kita tidak mengetahuinya. Semoga bermanfaat

Baca Juga : Solusi Pompa Air Hidup Tapi Air Tidak Naik
Enter your email address to get update from Tekno RC Blog.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Harap Maklum Masbro, Komentar dengan Link Aktif Otomatis Terhapus. Trims

Copyright © 2015. Tekno RC - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger