image
Selamat Datang Di Blog Tekno RC
Terima kasih Sobat Tekno Atas Kunjungannya di blog Tekno RC,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.
loading...

Tempat Pemasaran Industri Rumah Tangga Efektif

loading...
Strategi pemasaran industri kreatif. Terinspirasi dengan bapak tua yang ulet dan tak kenal lelah dalam mencari nafkah yang halal. Tulisan ini saya buat ketika ada seorang bapak tua yang menawarkan dagangannya yang berupa produksi industri rumah tangga (P-IRT) makanan ringan atau snack dalam bentuk kacang pedas.

Semua manusia dianugerahi akal untuk dipergunakan bagi kemaslahatan kehidupannya selama di dunia dan mempersiapkan segala amal baik untuk dibawa ke akhirat. Namun tidak semua manusia mampu menggali potensi tersembunyi yang tersimpan dalam otaknya.

Sering kita melihat angka pengangguran semakin meningkat, bukan karena mereka tidak tamat sekolah atau karena bodoh. banyak kok lulusan perguruan tinggi atau universitas ternama sekalipun menjadi pengangguran. karena kreativitas dan inovasi yang tidak di asah dan cenderung mencari posisi yang tidak penuh tantangan dalam mendapatkan uang.


Pola pikir masyarakat Indonesia masih beranggapan bahwa yang namanya bekerja dan memperoleh pekerjaan adalah duduk di kantor. sehingga orang akan memandang sebelah mata atau meremehkan profesi seseorang yang dianggapnya tidak benefit ketika bertemu pertama kali. Namun pandangan itu segera berubah ketika mereka mendatangi rumah orang tersebut. ternyata dengan pekerjaan yang dianggap tidak pasti dia mampu memiliki rumah minimalis yang bagus.

Jenis pekerjaan yang menjadi pavorit orang indonesia adalah PNS, karyawan bank dan aparat keamanan. para pencari kerja rela antri memasukkan berkas lamaran dan mengikuti tes yang lama. Bahkan tak jarang mencobanya lagi selama beberapa tahun kedepan ketika gagal tes ditahun ini.

Dalam era teknologi digital ini, apalah gunanya mempunyai ijazah sekolah sampai perguruan tinggi dengan nilai cumlaude sekalipun tanpa diiringi oleh skil atau penguasaan keterampilan minimal, seperti pengolahan kata dan data seperti MS.word dan MS.excel plus internet.

Kita sangat bangga mempunyai ijazah s1, s2 bahkan s3 namun tidak khawatir tidak mempunyai keahlian. Apalah yang bisa diperbuat dengan ijazah tersebut. padahal ketika sobat punya keahlian sedikit saja maka itu bisa dikembangkan dan bisa menjadi produktif untuk memperoleh penghasilan.

Keahlian memasak dapat kita jadikan sumber mata pencarian dan membuka lapangan kerja baru bagi tetangga di sekitar rumah. Kadang mereka yang telah berhasil memproduksi suatu produk P-IRT merasa sulit dalam hal pemasaran produksi mereka, yang nampak cuma dengan menitipkan dagangan pada warung-warung.

Tentu strategi pemasaran seperti ini tergolong kuno tapi masih tetap dilakoni oleh produsen P-IRT. Namun jika usaha rumah tangga dalam membuat kue atau snack, masakan siap saji, atau buah-buahan olahan atau buah asli yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dapat ditingkatkan maka dengan merekrut karyawan dengan job description sesuai, sobat dapat melakukan ekspansi pemasaran bisnis rumah tangga ini.

Pemasaran hasil industri rumah tangga yang cukup profitable adalah lokasi perkantoran, dengan mendapatkan pelanggan di sebuah kantor baik kantor swasta terutama kantor pemerintah. maka keberhasilan usaha rumah tangga yang telah dirintis akan semakin sukses.


Kenapa kompleks perkantoran merupakan lokasi pemasaran yang cukup strategis ? coba bayangkan di sebuah gedung perkantoran yang memiliki 2-3 lantai maka jika diasumsikan saja satu lantai gedung kantor memiliki 200-300 karyawan dan sekitar 25 orang karyawannya menjadi pelanggan sobat maka dari tiga lantai sobat akan mempunyai ; 75 orang pelanggan tetap.

Nah apabila target ini tercapai maka sobat akan selalu pulang dengan senyum sumringah membawa keuntungan hasil dagangan tanpa harus capek dengan berkeliling tak pasti belum lagi panas mentari dan dinginnya guyuran hujan. strategi pemasaran dikantor juga sangat efektif dilakukan pada bulan puasa dan mendekati lebaran, karena rata-rata karyawan wanita sudah kelelahan dan tidak sempat memasak di rumah, dan praktisnya ya tinggal beli dari sobat.

Pertanyaan selanjutnya, perkantoran apa yang memiliki gedung sampai 3 lantai dan karyawan ratusan orang ?

1. Perkantoran utama adalah kompleks kantor pemerintah, kantor gubernur, kantor bupati/walikota

2. Kantor Polisi tepatnya kantor Polres atau poltabes dan kantor Polda

3. Bank Pemerintah atau bank swasta maupun kantor induk perusahaan asuransi (cuma karyawannya tidak sebanyak kantor pemerintah dan kantor polisi

Nah, itulah tempat pemasaran hasil industri rumah tangga yang efektif dan laris manis, selamat survey dan semoga sukses usahanya

Baca Juga ; Tips Cara Kompas Menjaring Konsumen Mobile
Enter your email address to get update from Tekno RC Blog.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Harap Maklum Masbro, Komentar dengan Link Aktif Otomatis Terhapus. Trims

Copyright © 2015. Tekno RC - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger