image
Selamat Datang Di Blog Tekno RC
Terima kasih Sobat Tekno Atas Kunjungannya di blog Tekno RC,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.
loading...

Smonet Karya Siswa SMK, Motor WIFI Bertenaga Surya

loading...
Pelajar SMK (dulunya STM) tidak selalu identik dengan kenakalan, buktinya sejumlah siswa smk swasta di kota Padang berhasil membuat beberapa karya inovatif. Dimana sebelumnya mereka berhasil membuat mobil Damkar Mini yang sempat dilihat oleh Menteri BUMN (mantan) Dahlan Iskan. Sekarang melahirkan karya SMONET TSU yang pertama di Indonesia.

Siswa SMK Muhammadiyah 1 Padang kembali membuat teknologi inovatif bernama sepeda motorinternet (Smonet). Smonet ini buah tangan siswa jurusan Teknik Komputer Jaringan.

Setelah berhasil merilis Mobil Pemadam Kebakaran (Damkar Mini) SMK Muhammadiyah 1 Padang kembali membuat gebrakan inovatif. Sekolah dipimpim Deta Mahendra ini berhasil melahirkan karya inovatif baru, yaitu Sepeda Motor Internet Tenaga Surya yang disebut SMONET TSU.


Ide membuat Smonet ini, diakui Guru pembimbing Jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ), Elman, untuk menerapkan Kurikulum 2013 yang menekankan tidak harus belajar di dalam kelas.

Untuk membuat Smonet ini, dibutuhkan waktu selama sebulan dengan dana sekitar Rp60 juta. Mulai dari memodifikasi sepeda motornya, hingga pemasangan Central Processing Unit (CPU), monitor jaringan, serta perangkat lainnya.

Untuk menyelesaikan Smonet ini, Elman, dibantu lima orang siswa dari jurusan TKJ dan beberapa siswa dari jurusan sepeda motor untuk membuat kerangkanya.


Hal itu disambut baik oleh Walikota Mahyeldi bahwa pihak Pemko membutuhkan akses internet yang mobile dan terus menerus tanpa tergantung dari listrik PLN karena menggunakan Tenaga Surya. Sedangkan kemampuan dari satu unit SMONET TSU dapat melayani 4 monitor.

SMONET TSU yang disebut - sebut pertama di Indonesia ini dilaunching oleh Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah di halaman SMK Muhammadiyah 1 Padang, Simpang Haru, Senin (24/11). (sindo/SO/BS)
Enter your email address to get update from Tekno RC Blog.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Harap Maklum Masbro, Komentar dengan Link Aktif Otomatis Terhapus. Trims

Copyright © 2015. Tekno RC - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger