image
Selamat Datang Di Blog Tekno RC
Terima kasih Sobat Tekno Atas Kunjungannya di blog Tekno RC,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara Hapus Semua Data Ponsel Tanpa Jejak

loading...
Data ponsel adalah Data pribadi yang harus dijaga dengan baik. Tentu sobat tekno tidak ingin data dan file-file pribadi di kembalikan melalui program recovery saat ponsel smartphones hendak kita jual. 

Tentu sobat tidak ingin menjadi terkenal pada beberapa tahun ke depan karena beredarnya gambar foto pribadi yang tidak ingin diketahui apalagi dilihat oleh orang lain. Seperti tersebarnya foto no sensor artis cantik luar negeri Seperti Jennifer lawrence, Selena Gomez dll walaupun kasusnya berbeda karena icloud dibobol hacker. Baca : Icloud dibobol Foto Panas Artis Hollywood Tersebar 

Lalu Bagaimana cara menghapus memori ponsel secara keseluruhan tanpa meninggalkan jejak karena akan dijual. Apa solusinya?

Memang ketika kita men-delete sebuah data pada memori, sebenarnya kita tidak benar-benar menghapusnya, tetapi mempersiapkan tempatnya untuk diisi oleh data lain.


Jadi sebenarnya bukan hal yang aneh kalau data, teruma foto, bisa ditarik ulang. Ini terjadi pada memori card handphone baik internal maupun external, juga pada kamera, bahkan hardisk yang rusak atau terformat sekalipun. Data-data tersebut masih mungkin diambil ulang dengan bantuan aplikasi sepertirescue data disk dan lain-lain.

Untuk membuat data di smartphone Android lebih sulit ditarik kembali, bisa dengan cara meng-encryptstorage memori terlebih dahulu sebelum melakukan format.

Pilihan untuk meng-encrypt storage biasanya sudah ada di setiap smartphone Android. Adakalanya menu tersebut berada di bagian security, dan beberapa tipe smartphone lain ada di setting, storage (penyimpanan). Di sana kita akan menemukan menu phone storage encryption atau Encrypt SD Card content. Kalau kita aktifkan menu ini maka kita akan diminta membuat pin atau password untuk bisa mengakses data storage kita.

Setelah di-encrypt, baru lakukan factory reset. Bekas data di dalamnya akan lebih sulit lagi diakses. Jika kita mau lebih yakin lagi, setelah melakukan langkah di atas dan melakukan factory reset , isi lagi phone storage-nya sampai penuh dengan data lain yang tidak penting. Misalkan lagu atau film.

Kemudian encrypt lagi dan factory reset lagi. Data yang baru akan mengubur data lama kita lebih tanpa jejak dan sulit dicari ulang.

Atau bisa juga sebelum di-factory reset, hapus dulu data kita menggunakan beberapa pilihan aplikasi penghapus data yang tersedia di PlayStore, misalnya iShredder yang bisa di download di sini.

Enter your email address to get update from Tekno RC Blog.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 komentar:

Cara membackup percakapan bbm sms email dan call log pada android gimana gan?

Balas

Harap Maklum Masbro, Komentar dengan Link Aktif Otomatis Terhapus. Trims

Copyright © 2015. TeknoRC - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger