image
Selamat Datang Di Blog Tekno RC
Terima kasih Sobat Tekno Atas Kunjungannya di blog Tekno RC,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.
loading...

Cara Perbaiki Regulator Kompor Gas Longgar

loading...
Cara Mengatasi Regulator Tabung Gas Longgar dan Bocor. Regulator Tabung Gas Longgar pasti pernah sobat tekno alami. Maksudnya adalah kepala regulator saluran gas dari kompor gas menuju tabung gas. Permasalahan gas bocor atau gas mendesis saat dipakai atau saat ganti dengan tabung gas baru bisa menjadi bencana jika tidak diatasi dengan baik.

Masalah regulator. Peristiwa kompor gas meledak lebih sering disebabkan oleh pemasangan kepala regulator ke tabung gas tidak tepat atau adanya karet pada tabung gas yang sudah longgar sehingga saat digunakan gas bocor dan menyebar dalam ruangan yang kurang ventilasi udara pada dapur di rumah.

Permasalahan kebocoran gas dari regulator mungkin tidak sobat alami jika regulator gas langsung dipasang oleh petugas atau penjual gas tapi sering terjadi jika regulator dipasang sendiri karena kita membeli gas langsung ke toko gas sehingga petugas pemasang regulator tidak akan dikirm. Lain halnya jika kita membeli gas langsung dari mobil penjual gas keliling.


Pengalaman saya selama menggunakan kompor gas bisa saya bagikan pada sobat tekno. Awalnya saya sudah punya langganan gas pada penjual yang kebetulan berkeliling dikompleks perumahan. Sehingga bisa terima beres hasil pemasangan regulator.

Ketika sudah tidak berlangganan lagi terpaksa saya membeli gas sendiri ke pasar jika tabung gas sudah kosong. Adakalanya saat pemasangan regulator berlangsung dengan mudah tapi saat terdapat masalah saya cukup kesulitan memasang regulator karena gas selalu mendesis keluar.

Untuk mengatasi permasalahan gas keluar dari sela regulator saya terkadang mencoba mencongkel karet yang ada di dalam tabung gas dan menggantinya dengan karet lain yang selalu saya minta pada penjual gas sebagai cadangn (kadang dikasih kadang tidak).

Tapi jika sudah beberapa karet saya ganti dan gas masih saja keluar maka saya mengakalinya dengan memasang karet gelang pada bagian atas lekukan kepala tabung gas dan cara ini terkadang berhasil dan harus berhasil.

Salah satu cara lainnya dalam mengatasi kebocoran gas dari regulator saya selalu mencongkel dan menyimpan karet yang ada pada tabung gas yang sudah kosong sesaat sebelum membeli tabung gas baru dan akan saya pakai jika karet pada tabung gas baru tidak cocok dengan regulator kompor gas yang ada di dapur. Atau sobat dapat membeli bracket pengaman yaitu alat penekan regulator pada kepala tabung gas agar gas tidak lagi bocor.

Cara Mudah Mengatasi Regulator Gas Longgar dan Bocor :

1. Ganti karet pengaman dalam tabung gas, jika gagal ikuti cara 2
2. Tambahkan karet gelang pada kepala tabung (lilitkan secukupnya) Jika Gagal ikuti cara 3
3. Pakai Bracket penekan dan pengunci regulator pada tabung gas

Semoga pengalaman saya ini bisa menjadi bermanfaat bagi sobat tekno yang sedang kebingungan mengatasi regulator gas yang longgar.

Baca Juga ; Harga Resmi Gas Elpiji 12 Kg di Seluruh Indonesia
Enter your email address to get update from Tekno RC Blog.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

2 comments

Iya kompor saya juga sering regulatornya mendesis. Oh ya mas gambar gelang karetnya dipasang dimana ya

Balas

Mantab pakai cara ke II dengan gelang karet sukses,cm habis 4 gelang karet barusan sy coba ke tabung gas ping

Balas

Harap Maklum Masbro, Komentar dengan Link Aktif Otomatis Terhapus. Trims

Copyright © 2015. Tekno RC - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger