image
Selamat Datang Di Blog Tekno RC
Terima kasih Sobat Tekno Atas Kunjungannya di blog Tekno RC,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.
loading...

Menanam Lengkeng Dari Biji Bisa Berbuah Juga Kok

loading...
Sobat suka makan buah lengkeng? saya jamin pasti suka dan biasanya buah ini didapatkan dengan membelinya melalui toko buah di kota sobat. buah lengkeng yang baik akan terasa manis dan empuk dimulut sehingga kita akan ketagihan dan tidak akan berhenti makan sebelum lengkeng satu keranjang habis. awas ntar sakit perut

Pernahkah sobat terpikir untuk mempunyai pohon klengkeng di rumah? dengan menanam pohon lengkeng di rumah dan saat berbuah maka sobat akan bisa menikmati sepuas-puasnya tanpa perlu keluar uang untuk membelinya di toko buah.

Tapi tunggu dulu, pasti sobat akan berpikir bahwa menanam pohon lengkeng, ibaratnya seperti menanam pohon kayu besar, sementara sisa tanah untuk halaman hanya sejengkal alias beberapa meter saja. Apakah nanti tidak merusak bangunan rumah jika pohon dengan akar yang menjalar kemana-mana ditanam di pekarangan? Jawabannya relatif bisa ya bisa juga tidak.


Berdasarkan pengalaman saya yang tinggal di kompleks perumahan dengan sisa tanah lepas yang hanya 4 meter, saya bisa menanam 2 pohon dihalaman, yaitu pohon lengkeng dan jambu biji kampung. Bahkan terkadang saya juga menyelipkan batang singkong dan pohon pepaya disela tanah yang masih kosong belum lagi tanaman musiman seperti cabe, kunyit, jahe, daun pandan, lidah buaya dalam polibag. hihi...tumpang sari tingkat tinggi. Alhamdulillah sudah 10 tahun fenomena ini tidak merusak bangunan rumah.

Saya memang memiliki hobi menanam tumbuhan yang menghasilkan dan saya kurang suka menanam bunga. karena bunga hanya indah untuk dipandang sedangkan tanaman buah bisa dinikmati mata dan lidah. yah, setiap orang memiliki hobi yang berbeda yang penting hobi yang positif.

Awalnya saya menanam lengkeng hanya karena iseng, yakni ketika menikmati buah lengkeng yang baru dibeli di toko buah. ketika itu bijinya saya semaikan di pekarangan rumah kontrakan. dan ketika melihat ada bibit yang cukup bagus pertumbuhannya, akhirnya sebatang saya pindahkan kedalam polybag.

Ketika rumah saya hampir ditempati, bibit lengkeng dari biji itupun saya tanam di pekarangan rumah. Awalnya pertumbuhan batangnya agak malas-malasan karena memang kondisi tanah yang tidak bagus, maklum tanah timbunan. setelah susah payah akhirnya pohon lengkeng itupun tumbuh seadanya dengan pokok batang yang hanya sebesar paha dan tingginya seatap rumah.

Setelah 7-8 tahun, timbul keinginan saya untuk melihat lengkeng itu berbuah. memang selama 7-8 tahun pohon lengkeng itu tidak pernah menunjukkan tanda-tanda akan berbuah, mungkin karena jenisnya adalah lengkeng dataran tinggi sedangkan saya berada di dataran rendah dekat pantai lebih kurang 10km.

Setelah melakukan browsing di mbah google akhirnya saya menemukan solusi pupuk lengkeng yang dapat membuahkan lengkeng segala jenis yang tidak pernah berbuah meski berumur ribuan tahun..wkwkwk.

Setelah memesan 1 paket lengkeng booster, karena sudah berumur lanjut pupuknya pun harus yang dosis tinggi untuk memancing pembungaan pada pohon lengkeng. Akhirnya setelah beberapa minggu pohon lengkeng saya pun berbunga untuk pertama kalinya. Wuih...senengnya bro.... ternyata pupuk LB dari amazing grow benar-benar ajaib alias amazing.

Setelah 5 bulan sejak aplikasi, akhirnya saya mulai dapat merasakan bagaimana memetik lengkeng langsung dari batangnya. Tau gak berapa hasil panen lengkeng perdana saya ? lebih kurang 50-60kg. bahkan karena buahnya yang lebat dan tidak sebanding dengan ukuran pohonnya, akhirnya dahan lengkeng jadi patah bahkan hampir belah ke pokok pohon.

setelah panen terpaksa saya pangkas ekstrem pohon lengkeng alias di babat habis semua dahannya yang menjulang. sehingga pohon lengkeng yang tingginya semula 5 meter hanya berbisa 2 meter saja. Dari hasil panen yang cukup banyak itu tetangga satu gang dapat merasakan lezatnya lengkeng perdana saya dengan gratis, bahkan keluarga di kampung juga turut menikmatinya.

Sekarang saya lagi menunggu waktu yang tepat untuk membuahkan lengkeng itu kembali karena setelah 7 bulan setelah pangkas ekstrem dahan lengkeng kembali muncul bahkan lebih segar dan banyak. Bagaimana sobat, anda tertarik ? mulailah menanam dari sekarang dan tidak usah dulu dipikir kapan lengkeng akan berbuah.

Baca Juga : Ulat Pohon Lengkeng, Bisanya Berasa Panas Nyut-nyut 
Enter your email address to get update from Tekno RC Blog.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

2 comments

Mari bersama mewujudkan lingkungan yang hijau dan nyaman untuk dirasakan. Jika bukan kita yang memulai, siapa lagi? Kami sebagai perusahan kemasan makannan membuat produk ramah lingkungan untuk membantu mewujudkan lingkungan di indonesia agar lebih hijau dan nyaman. Lebih lanjut tentang kami di : http://www.greenpack.co.id/

Balas

Agan,itu pupuknya beli dimana ttus namanya apa sih?

Balas

Harap Maklum Masbro, Komentar dengan Link Aktif Otomatis Terhapus. Trims

Copyright © 2015. Tekno RC - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger