image
Selamat Datang Di Blog Tekno RC
Terima kasih Sobat Tekno Atas Kunjungannya di blog Tekno RC,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.
loading...

5 Cara Mengamankan Jaringan Wifi

loading...
Berinternet dengan jaringan Wifi sangat mudah dan praktis tanpa perlu direpotkan dengan kabel yang bersiliweran, Jaringan Wi-Fi biasanya digunakan secara maksimal untuk keperluan kantor, toko, atau rumah.

Dengan menggunakan router, Anda bisa mengakses jaringan Internet dari jarak tertentu, tergantung jangkauan router tersebut. Namun pernah kah kecepatan Wi-Fi Anda terasa lambat? Ini mungkin karena banyaknya pengguna yang nangkring Internetan tanpa izin atau melebihi kemampuan router.

Sebelumnya kita bahas dulu apa yang disebut router, kalau anda berlangganan internet speedy dari telkom maka biasanya akan diberikan sebuah alat dalam paket yang anda pilih, nah alat berbentuk kotak tipis yang anda lihat pakai antena itulah yang dinamakan dengan router.

Antena tersebut berfungsi untuk menyebarkan sinyal wifi agar dapat mengakses internet nirkabel melalui gadget yang mendukung wifi dalam range terbatas. Perbedaan modem dengan router adalah cara akses, modem dari jalur internet ke komputer sedangkan router adalah membagi jaringan internet tersebut ke komputer lain.

Untuk mengamankan jaringan wifi anda berikut solusi yang dapat anda terapkan :

1. Pakai Password
Jika Wi-Fi di rumah Anda tidak memiliki password, berarti setiap orang yang berada dalam daerah jangkauan bisa mengaksesnya. Bukan hanya akan memperlambat kecepatan kerja internet, tapi bebasnya jaringan Wi-Fi juga bisa membuat komputer yang terhubung dapat diakses oleh peretas.

Untuk menambahkan password pada router, Anda perlu mengakses alamat yang terdapat pada tubuh perangkat. Contohnya, 92.168.1.1. Setelah masuk ke dalam menu setting, Anda baru bisa memasang dan mengganti password pada router.

2. Mengenkripsi Router
Meskipun terdengar seperti proses yang sulit, mengenkripsi router sebenarnya bisa dilakukan dengan cara yang mudah. Langkahnya sama seperti saat mengganti password router. Setelah masuk pada menu setting, akan ditawarkan pilihan enkripsi WEP, WPA, dan WPA2. Pilih WPA2 untuk standar pengamanan yang paling baru pada router di rumah Anda.

3. Ganti SSID
SSID adalah nama jaringan router di rumah ketika Anda log in ke dalamnya. Biasanya, nama perangkat tergantung pada penyediabroadband. Mengubah nama SSID akan menghindarkan penyimpangan dari keamanan nirkabel.

4. Matikan Guest Network
Beberapa router Wi-Fi membuat jaringan guest network atau jaringan untuk orang lain agar bisa mengakses Internet. Jika guest networkaktif, orang lain bisa Internetan tanpa harus menggunakan perangkat yang dipasangkan dengan router, terutama jika password tidak dipasang. Namun, kekuatan sekaligus kelemahan ini relatif, tergantung bagaimana tujuan Anda memasang router.

5. Atur Posisi Router
Aturlah posisi router di rumah Anda untuk memaksimalkan daerah jangkauan jaringan. Pilih posisi di tengah agar seluruh area rumah bisa mendapat akses. Selain itu, jangan lupa matikan router jika sudah tidak dipakai.

Nah, apabila usaha preventif yang anda lakukan sudah maksimal maka perbanyaklah berdoa agar usaha yang anda lakukan dapat bermanfaat. sehingga koneksi wifi tetap cepat dan stabil.
Enter your email address to get update from Tekno RC Blog.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Harap Maklum Masbro, Komentar dengan Link Aktif Otomatis Terhapus. Trims

Copyright © 2015. Tekno RC - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger