--> Blog Publisher Iklan Pop Up di Blokir Google | TeknoRC

Seputar SainTech, Gadget dan Internet Plus


Saturday

Blog Publisher Iklan Pop Up di Blokir Google

| Saturday
Teliti dalam mencari alternatif adsense. Blog Publisher ads diblokir google karena menayangkan iklan pop up. Menjadi Publisher ads mesti lebih hati hati, terutama dalam memilih web advertiser. publisher pop up sangat beresiko tinggi terhadap kesehatan dan stabilitas keamanan blog anda di mata robot spider perayap, khususnya google.

Harapan sobat untuk meraup dollar dari penayangan iklan di blog bisa berubah menjadi bencana karena blog sobat khususnya blogspot akan terkena lock atau terkunci oleh google sehingga ketika visitor menemukan link blog sobat melalui mesin pencarian mereka tidak akan pernah sampai di blog sobat karena dihadang peringatan google bahwa blog sobat berpotensi mengandung malware sehingga visitor di arahkan untuk balik kanan alias kabur.

Kejadian ini adalah yang kedua kalinya saya alami, pertama kali Blog Kena Lock Google Membawa Berkah  ketika memasang script daftar isi atau site map dari abu farhan. Tiba-tiba saja blog saya kena blokir google dan diberi peringatan bahwa blog mengandung malware berbahaya.

Hal ini berkaitan dengan pendaftaran blog tekno rc menjadi publisher google adsense dan ketika itu sedang memasuki tahap review untuk disetujui, tapi malah kena kunci dulu. setelah browsing sana sini akhirnya blog saya dapat pulih kembali setelah mengganti script tersebut dengan mengajukan pemulihan kepada mbah google melalui webmastertools dengan masa tunggu 1x24 jam.


Kejadian kedua ini, baru saja saya alami hari ini. paginya masih oke eh pas online siang, sudah dapat peringatan bahwa blog terkunci oleh google karena mengandung malware dan di arahkan untuk memperbaiki kesalahan melalui webmastertools.

Sebenarnya saya tidak pernah mengunjungi webmastertools, kecuali ada pengharusan oleh google seperti blog locked ini. Dalam pemberitahuan di webmastertools terlampir sampel file yang terinfeksi malware tersebut dan saya diharuskan untuk mencopot atau membersihkan script yang di curigai sebagai malware.


Untuk mengetahui isinya, sampel virus atau malware yang sudah dibundel dalam file csv excell itu saya donlot dan setelah dibuka ternyata isinya kosong alias gak ada apa-apa selain kategori dari tabel excell tersebut. saya pun menjadi heran lha bagian mana yang mengalami crash dari blog saya ?

Sebagai pembanding, sewaktu kasus blokir pertama langsung disebutkan bahwa halaman statis daftar isi mengandung script yang mencurigakan sehingga bisa langsung saya copot scriptnya.

Setelah saya ingat-ingat ternyata beberapa hari sebelum blog terkunci google, saya pernah memasang script pop up publisher iklan Pop*** pada template blog, tapi cuma 2 hari kalo gak salah. Namanya juga mencoba monetize blog dari cpm, cpc dan pop up tapi akhirnya kembali saya copot setelah earning yang diterima gak sepadan dengan kekesalan visitor karena setiap klik akan terbuka tab baru berisi iklan.

Nah kemungkinan terbesar selama saya memasang script pop up itulah robot laba-laba perayap google mendatangi blog saya dan mengirimkan datanya ke si mbah google sebagai laporan intelijen A1, hehehe... dan punishment pun dijatuhkan beberapa hari kemudian, tepatnya hari ini, blog saya dikunci google.


Yang sangat disayangkan dalam laporan safebrowsing untuk blog tekno rc ini selama 90 hari terakhir dan satu hari sebelum terblockir tidak ada ditemukan malicious software yang mencurigakan alias datanya 0 tapi kenapa blog tetap terkunci ? 

Mungkin hal ini bisa menjadi perhatian serius pihak google. Memang kami para blogger menggunakan blogspot secara gratis tapi sebagai bentuk profesionalitas dari google hendaknya mesin perayap di perbarui lagi teknisnya sehingga laporan yang di tindak lanjuti tidak salah sasaran, karena blogger sendiri telah menghapus atau mencopot script yang dianggap sebagai malware sebelum peringatan blokir sampai.

Setelah memastikan bahwa blog saya benar-benar bersih dan tidak melanggar persyaratan google, sayapun mengajukan permohonan pemulihan, dan seperti biasa disilakan menunggu selama 1x24 jam. Alhamdulillah setelah 7 jam akhirnya blog saya pulih kembali.

Tapi yang gak pulih adalah visitor, yang normalnya sampai malam sudah di 1K sekarang hanya mampu bertahan diangka 500an sampai jam 00 akibat blokir selama 7 jam, semoga ada konpensasi dari mbah google dikemudian hari...syukur-syukur simbah mengarahkan visitor melalui mesin pencari dengan meningkatkan SERP blog teknorc. 

Pesan saya untuk sobat blogger, khususnya yang baru seperti saya untuk tidak jadi publisher ads yang memasang script pop up pada blog kalian. karena disamping mengganggu pengunjung juga rentan blokir karena mudah disusupi malicous software.

Kalau memang serius ingin monetize blog sobat jadwalkan update postingan dalam jam yang sama setiap hari atau beberapa kali seminggu. Akrabkan dulu blog sobat dengan search engine  dengan SERP no.1, nanti uang online akan mengalir sendiri ke rekening sobat. 

Related Posts

No comments:

Post a Comment

Harap Maklum Masbro, Komentar dengan Link Aktif Otomatis Terhapus. Trims