Pilih Dapat PR Atau Alexa Rank Blog Nan Ramping

Bicara soal blogging dan ngeblog seperti tidak ada habisnya. Setiap saat ada saja bahan untuk menjadi tulisan, baik itu cara-cara praktis, pengalaman sehari-hari atau curhat di blog serta sesuatu hal yang bermanfaat lainnya yang mungkin sangat dibutuhkan oleh pembaca di belahan bumi lainnya.

Saat seseorang mulai menulis tentang apa saja dan membagikannya untuk konsumsi publik di dunia maya, maka saat itu sobat sudah bisa disebut sebagai seorang blogger. Bahkan banyak tulisan atau artikel dibuat dan dipublikasikan dan tidak peduli akan dibaca orang yang penting dorongan untuk menulis dan publish dapat tersalurkan.

Ketika perjalanan ngeblog sudah memasuki hitungan tahun dan bertambahnya referensi sobat dalam dunia blogging maka sobat mulai merasakan ingin juga mendapat penilaian dari developer web. Saat ini ada dua rujukan untuk melihat tingkat kepopuleran daru sebuah website dan blog.


Sebagaimana kita ketahui, google adalah pengembang website raksasa di internet terutama mesin pencarinya yang sangat populer google search engine, dimana sebagian besar dipakai oleh netter di dunia terutama di indonesia, mungkin karena hasil pencariannya lebih relevan dengan maksud pelaku browsing.

Disamping itu goole juga telah melakukan expansi besar-besaran terhadap platform dan aplikasi populer melalui akuisisi oleh mbah google dan salah satunya adalah blogger.com atau blogspot tempat blogger pemula memulai karirnya.

Saat googling sering kita menemukan artikel yang membahas masalah PR atau page rank google atau peringkat blog atau situs dimata google. berbagai tips dan cara untuk meningkatkan PR telah dibuat. Pembahasan lain yang juga bikin heboh adalah cara mengecilkan alexa rank. Alexa rank menilai tingkat kepopuleran sebuah situs atau blog berdasarkan traffic kunjungan visitor.

Sebagai blogger baru tentu kita akan bertanya, mana yang lebih penting PR atau AR ? mengenai jawabannya sangatlah relatif. berdasarkan pengalaman saya kedua-duanya penting dan kalau bisa diterapkan akan sangat bagus bagi sebuah situs atau blog yang sobat kelola

Untuk kriteria penilaian ranking alexa, semakin kecil angka-angka yang ditunjukkan oleh tool alexa rank maka dapat dipastikan situs atau sebuah blog mempunyai pengunjung yang ramai dan SEO yang optimal. sedangkan google page rank nilainya bersifat relatif. karena belum tentu sebuah blog yang mendapatkan PR berarti pengunjungnya juga ramai.

Hal ini terbukti pada blog saya yang lain. Dimana pengunjung hariannya saja hanya berkisar maksimal 20-an orang per hari bahkan kurang tapi telah mendapatkan PR1 dari mbah google dan alexa ranknya masih di atas 2,5 juta. mari bandingkan dengan blog tekno rc ini google memberi PR0 sedangkan alexa memberi skor 500K dengan visitor harian sekitar seribuan orang.

Sebagai rujukan perbandingan lainnya blog juragan cipir lebih aneh lagi alexa ranknya sudah sangat kecil yaitu 20k tapi belum mendapatkan PR dari google bahkan walau hanya PR0 sekalipun tidak juga dapat. Padahal kita tahu alexa sekecil itu tentu blog mendapat visitor puluhan ribu per harinya karena SEO blognya bagus dimata search engine.

Nah, pilihan kembali lagi pada masing-masing blogger. jika sobat hanya ingin menulis dan menulis tanpa peduli mau dibaca orang atau tidak maka PR dan AR tidak akan pernah jadi acuan. Lain halnya sobat tekno blogger yang ingin monetize blog menjadi pundi-pundi pasive income maka alexa rank mini yang menjadi prioritas, syukur-syukur mbah google ngasih bonus PR tinggi.

Bagaimana menurut sobat? masih getol berburu PR dan AR atau tetap enjoy menulis blog ?
Labels: Blog dan SEO
0 Komentar untuk "Pilih Dapat PR Atau Alexa Rank Blog Nan Ramping"

Harap Maklum Masbro, Komentar dengan Link Aktif Otomatis Terhapus. Trims

Back To Top