image
Selamat Datang Di Blog Tekno RC
Terima kasih Sobat Tekno Atas Kunjungannya di blog Tekno RC,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Bagus Mana Motor Matik Atau Bebek?

loading...
Pilih Matic atau Bebek ?. Motor pake gigi biasa disebut sebagai motor bebek merupakan kategori motor 4 tak. Sedangkan motor kopleng dulunya ada yang bermesin 2 tak dengan oli samping seperti rx king yang terkenal sebagai motor jambret atau motor para begal. tapi seiring waktu Yamaha rx king mengadopsi sistem 4tak.

Performa motor rx king memang tiada duanya dikelasnya. Motor kopleng ini mempunyai percepatan akselerasi yang maknyuss sehingga sangat tepat digunakan sebagai kendaraan tempur jalanan. Namun semua performa yang wuss tersebut sebanding dengan konsumsi bbmnya yang terkenal boros.

Seiring waktu rx king mulai ditinggalkan produsen dan calon konsumen karena pesatnya inovasi dibidang kendaraan roda dua untuk kelas menengah bawah. Sementara motor bebek sebagai saudara seangkatannya masih mempunyai pangsa pasar tersendiri meski juga mulai kehilangan konsumen karena tersaingi oleh motor matik tercepat dan super irit.


Pengalaman saya pertama kali mengendarai motor adalah menggunakan motor bebek merek honda seri astrea prima yang merupakan primadona dizamannya. Dulu yang paling mudah dipakai untuk belajar motor adalah motor bebek karena cuma mengganti gigi atau porsneling tanpa menekan kopling.

Setelah beberapa tahun mengendarai motor bebek, saya berkesempatan menunggangi motor kopleng merek honda win dimana sebelumnya juga pernah mencoba motor GL pro. awalnya seperti juga pemula motor kopleng ketika gigi satu masuk dan sejalan dengan menarik gas dan melepas kopleng perlahan motor sering mati mendadak karena belum dapat chemistry-nya. atau motor loncat ketika kopleng langsung terlepas habis.

Berhubung motor bebek dan motor kopleng tersebut adalah inventaris kantor dan karena proses mutasi ke kantor baru saya mendapat kepercayaan memegang motor matik. Nah pengalaman memakai metik juga unik. karena sudah terbiasa menggerakkan kaki kiri untuk mengganti gigi maka kebiasaan itupun terbawa saat memakai metik tapi lama-lama bisa menyesuaikan dan menikmati menunggangi motor metik.

Dari pengalaman mengendari ketiga motor berbeda jenis tersebut saya lebih cenderung memilih motor matik karena semua serba otomatis dan kita hanya perlu menarik atau menurunkan gas dan dibantu rem tangan karena matik tidak punya rem kaki. bagaimana dengan skuter atau vespa ? terus terang saya belum pengalaman mengendari vespa.

Kalau ditanya bagus mana motor bebek atau motor matik? tentu jawabannya tergantung selera masing-masing tapi bagi saya saat ini lebih bagus motor matik karena kita tidak direpotkan oleh proses gonta ganti gigi. sedangkan kecepatannya sudah sama tergantung cc kendaraan yang biasanya berkisar 110 sampai 125 cc.

Kalau dibandingkan dengan motor kopleng maka saya sudah cape melakukan proses transmisi dengan menarik kopleng, belum lagi kalau harus menggantung kopleng saat jalanan macet. jari-jari tangan benar-benar pegal dibuatnya. Mungkin motor kopleng lebih bagus untuk perjalanan luar kota. Sedangkan untuk pemakaian dalam kota lebih tepat menggunakan motor matik.

Bagi saya dalam memilih beli motor saat ini dengan kriteria kencang larinya dan irit bbm kalau bisa dengan cc tertinggi serta model yang inovatif.

Selanjutnya ; Motor Matik Paling irit Honda, Yamaha atau Suzuki?
Enter your email address to get update from Tekno RC Blog.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Harap Maklum Masbro, Komentar dengan Link Aktif Otomatis Terhapus. Trims

Copyright © 2015. TeknoRC - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger