Bedah HP Kamera Canggih 41 Megapixel, Nokia Lumia (Seri 1)

Trend ponsel smartphones saat ini identik dengan kamera. Bahkan demi menunjang keperluan memotret bagi pengguna, vendor tidak segan mengeluarkan kamera yang memiliki resolusi tinggi, bahkan mengalahkan kamera DSLR.

Seperti HP Kamera Canggih Nokia 41MP, Nokia Lumia. Hasilnya pun tidak kalah hebat. Mulai dari yang kualitas tak menjanjikan, hingga dibanjiri dengan berbagai fitur dan hasil gambar yang cemerlang.

Percaya atau tidak, itu dibuktikan oleh produsen ponsel asal Finlandia, Nokia, dengan melakukan lompatan drastis dalam dunia smartphone, yakni membuat ponsel kamera beresolusi 41 megapiksel (MP), Nokia Lumia 1020. Memang, ini bukan pertama kalinya Nokia meluncurkan ponsel berkamera 41 MP. Okezone.com mendapat kesempatan untuk menjajal Nokia Lumia 1020, sekaligus mengulas lebih dalam kecanggihan kamera beresolusi tinggi ini.

Desain
Masih dalam seri Lumia, Nokia Lumia 1020 memiliki desain yang seirama dengan ponsel Lumia seri lainnya. Berbentuk persegi panjang dengan layar yang agak mumbul keluar. Sisi kiri kanannya berbentuk membulat, sedangkan tepi atas dan bawah rata.

Di sisi bagian atas ponsel terdapat slod micro SIM yang bisa dikeluarkan dengan menggunakan jarum, di bagian tengah terdapat jack audio 3,5mm. Sedang di bagian bawah terdapat port USB untuk mengisi daya yang di sebelah kananya ada grill speaker. Desain Lumia 1020 ini unibodi alias tak bisa dibongkar-bongkar cangkang belakangnya.

Mengenai penempatan grill speaker ini, agak kurang nyaman apabila ponsel digunakan dalam posisi lansekap. Terlebih jika bermain game, posisi tangan akan menutup grill speaker sehingga suara akan tertutupi jari. Di sisi sebelah kanan terdapat tiga tombol, yakni untuk mengatur volume, untuk mengunci layar, dan tombol shortcut fitur kamera. Tombol shortcut kamera ini sangat membantu untuk meringkaskan penggunaan kamera.

Karena modul kamera Lumia 1020 bertenaga 41MP, tentu dibutuhkan ruang yang besar untuk memproses. Sehingga bagian belakang Lumia 1020 tidak rata karena modul kamera yang muncul keluar. Tapi itu bukanlah masalah yang berarti. Sedangkan kamera depan beresolusi 1,2 MP berada di pojok kanan layar.

Bodi ponsel Nokia Lumia 1020 ini cukup solid karena bertekstur doff yang membuat nyaman di genggaman. Namun sayangnya, tim Okezone menemukan goresan pada layar ponsel kendati sudah menggunakan kaca Gorilla Glass 3 pabrikan Corning.

Masih mengenai layar, Nokia Lumia 1020 ini tak cukup lebar. Jika diukur secara keseluruhan, diagonal layar Lumia 1020 mencapai 5,5 inci. Namun karena bezel yang lumayan memakan tempat, layar Lumia 1020 yang menggunakan layar AMOLED ini hanya jadi 4,5 inci. Lumia 1020 juga lumayan berat untuk digenggam dengan bobot 158 gram.

Fitur dan Performa
Nokia Lumia 1020 dijalankan menggunakan sistem operasi Windows Phone 8 dengan antarmuka metro yang khas Windows 8. Antar muka metro dari Windows Phone 8 cukup menarik dan memeriahkan layar karena terus bergerak dan update dengan sendirinya asal tersambung koneksi internet.

Pin atau shortcut aplikasi di laman metro ini juga bisa diatur sesuai keinginan dan memudahkan pengguna dalam menggunakan fitur. Tiga tombol virtual terdapat di bezel bagian bawah; yang paling kiri untuk tombol back, tombol home dengan lambang Windows 8 di bagian tengah, dan paling kanan tombol search untuk shortcut mesin pencari Bing.

Memiliki prosesor dual-core Snapdragon MSM890 dari Qualcomm dengan kecepatan 1,5 GHz Krait membuat ponsel ini mampu menjalankan berbagai aplikasi dan game dengan mulus. Meskipun pada smartphone seharga Rp7 jutaan dari vendor lain sudah memiliki prosesor quad-core. Ditambah lagi dengan memori RAM sebesar 2GB cukup mendampingi Snapdragon MSM890 hingga tak terjadi lag.

Namun sayang grafis yang ditenagai oleh Adreno 225 tak begitu mulus untuk menghasilkan gambar di layar AMOLED beresolusi 768 x 1.280 piksel. Saat menjalankan game Asphalt 8, grafis yang dihasilkan oleh Lumia 1020 terlihat pixelate pada bagian garis-garis pada game.

Berbeda dengan Nexus 5 dari LG yang bisa menjalankan Asphalt 8 dengan grafis level high dan menghasilkan gambar yang sangat halus. Barangkali resolusi HD 1.280 x 720 piksel yang disediakan oleh Nokia menjadi salah satu alasannya. Namun kerapatan piksel Lumia 1020 yang 334 ppi melebihi yang dimiliki oleh iPhone 5S yang hanya 326 ppi.

Untuk memutar video dan musik, Nokia Lumia 1020 memiliki kelebihan pada suara yang dihasilkan. Memiliki skala 1 hingga 30, speaker Lumia 1020 menghasilkan suara yang sangat keras nan tajam. Kendati penggunaan berada di luar ruangan. Tim Okezone menjajal speaker pada volume 30 saat bermain game Asphalt 8, hasil suaranya seperti sedang bermain game arcade atau ding-dong. Sedangkan untuk memutar video, kualitasnya biasa-biasa saja.

Menyoal kapasitas penyimpanan, Lumia 1020 dibekali dengan memori sebesar 32GB tanpa slot kartu memori microSD. Terlihat berlimpah memang, tapi perlu diingat bahwa kamera Lumia 1020 beresolusi 41MP yang memakan banyak tempat untuk menyimpan foto.

Satu foto saja bisa sampai 9 hingga 12 MB. Tim okezone coba mengumpulkan sebanyak 350 jepretan yang disimpan dengan file JPEG dan RAW, hingga total keseluruhan 700 file. Total memori yang digunakan sebesar 12,5 GB.

Sebagai ponsel di kelas high-end, Lumia 1020 sudah menyediakan jaringan 4G LTE selain GSM dan HSDPA. Dan untuk porsi kapasitas baterai, ponsel Lumia 1020 hanya menyediakan besaran 2.000 mAh yang dirasa kurang maksimal untuk ponsel berperforma kamera canggih.

Baterai Lumia 1020 kerap cepat surut ketika digunakan secara aktif untuk memotret. Yang mana selalu memakan daya untuk melimpahkan cahaya ke layar ponsel. Jika dibandingkan dengan ponsel rentang harga yang sama pada merek lain, Samsung Galaxy S4 2600mAh, Sony Xperia Z1 3000mAh, dan LG G2 3000mAh.

Berdasarkan penilaian benchmark AnTuTu, Nokia Lumia 1020 mendapat skor 11457. Lebih baik dari LG Optimus G, dan masih jauh dari Samsung Galaxy Note 2, Sony Xperia Z, HTC One, dan Samsung Galaxy S4.

Selanjutnya ; Bedah HP Kamera Canggih 41 Megapixel, Nokia Lumia (Seri 2)
Labels: Gadget, saintech
0 Komentar untuk "Bedah HP Kamera Canggih 41 Megapixel, Nokia Lumia (Seri 1)"

Harap Maklum Masbro, Komentar dengan Link Aktif Otomatis Terhapus. Trims

Back To Top