--> Semut Menjadi Zombie Karena Infeksi Jamur | TeknoRC

Seputar SainTech, Gadget dan Internet Plus


Thursday

Semut Menjadi Zombie Karena Infeksi Jamur

| Thursday
Ingat Game Plant vs Zombie ? ternyata kali ini bukan tanaman yang melawan zombie tapi sejenis jamur yang membuat semut yang mati berubah menjadi zombie.

Tidak hanya manusia yang mempunyai kemampuan lebih untuk beradaptasi dengan lingkungan. Jamur yang tumbuh di hutan hujan tropis ini mampu mengontrol serangga yang telah mati untuk bertahan hidup.

Jamur yang memiliki nama latin Ophiocordyceps camponoti-rufipedistersebut tumbuh di bawah-bawah tumpukan daun yang telah membusuk di 'lantai' hutan. Jamur berjenis parasit ini bisa menginfeksi semut atau serangga lain yang telah mati dan membuatnya berjalan ke sarang jamur Ophiocordyceps.

Ciri-ciri semut yang telah terinfeksi biasanya ditandai dengan munculnya sebuah batang dari bagian kepala semut yang mirip sebuah antena. Antena yang disebut 'stroma' akan terus tumbuh menjadi kotak spora yang disebut 'ascoma'. Kotak-kotak spora itulah yang akan digunakan untuk menginfeksi semut lain yang terdapat di koloni.


Semut-semut yang telah berhasil diubah menjadi zombie akan dikumpulkan di sarang jamur Ophiocordyceps. Bangkai-bangkai tersebut dimanfaatkan oleh seluruh jamur yang terdapat di sarang sebagai sumber makanan.

Tetapi, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Raquel Loreto dan David Hughes dari Universitas Penn State, Amerika, jamur Ophiocordyceps tidak dapat berkembang biak di dalam sarang semut. Sistem imun kolektif yang diterapkan dalam koloni membuat semut-semut lain segera menghentikan proses infeksi dan persebaran dari jamur Ophiocordyceps.

Faktor kondisi sarang semut ternyata turut berpengaruh terhadap pertumbuhan jamur Ophiocordyceps. Hughes mengungkapkan jika bentuk dan 'iklim' dalam sarang semut dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan jamur sebelum mampu merubah semut-semut di dalamnya menjadi zombie.

" Untuk menginfeksi korbannya, jamur Ophiocordyceps hanya perlu membuat jalur khusus di dasar hutan yang memaksa para semut untuk melewatinya. Alhasil, jamur Ophiocordyceps tidak perlu berevolusi untuk mengatasi sistem imun 'sosial' di dalam sarang semut," tambah Hughes. (merdeka)

Wuih ngeri juga kalo jamur ini menginfeksi mayat manusia, bisa-bisa kisah zombie benar-benar jadi kenyataan.

Related Posts

No comments:

Post a Comment

Harap Maklum Masbro, Komentar dengan Link Aktif Otomatis Terhapus. Trims