Dasar Membuat Blog Sederhana dan Widget Standar Yang Harus Ada

Yuk Belajar Ngeblog. Membuat sebuah blog, saat ini bukanlah hal yang sulit karena telah banyak tutorial dasar membuat blog bertebaran di internet yang ditulis oleh master blogging dalam dan luar negeri seperti maskolis, kangjum, kompi ajaib atau juragan cipir, kang ismet. Untuk master blogging luar silakan goggling sendiri yo..

Bermacam platform blogging gratis juga banyak dan salah dua yang cukup terkenal dan familiar bagi blogger adalah Wordpress dan Blogspot. Untuk sobat yang baru belajar membuat blog sebaiknya menggunakan platform blogspot atau blogger.com karena antarmuka yang mudah dan simple juga mudah untuk di modifikasi sesuai selera, seiring dengan bertambahnya pemahaman sobat terhadap seluk beluk blogger nantinya.

Pada tahap awal dalam membuat blog yang perlu sobat cari adalah apa nama dan alamat blog sobat nantinya, usahakan memberi nama judul dan alamat blog sesuai dengan isi pembahasan atau niche blog karena hal ini cukup berpengaruh pada saat blog sobat sudah online untuk bersaing dengan blog lainnya di search engine.


Memberi nama judul dan alamat blog yang kurang relevan dengan isi blog tidak ada larangan semua terserah kepada pembuat blog sendiri tapi sebaiknya judul dan alamat blog agak menembak kata kunci dari isi blog sobat itulah yang disebut dengan SEO Friendly (bersahabat dengan optimasi mesin telusur) terutama google, yahoo dan bing plus yandex dll.

Contoh blog dengan isi konten mengenai teknologi sebaiknya diberi judul teknologi terkini dengan alamat teknologiterkini.blogspot.com, pemberian nama dan alamat blog juga tergantung dengan ketersediaan kata tersebut, karena boleh jadi sudah ada digunakan oleh blogger lain.

Setelah blog pertama sobat jadi, maka sobat diharuskan memilih tampilan blog sesuai daftar yang telah disediakan oleh blogger.com, pilih saja salah satu template yang disediakan, tapi jangan kuatir setelah blog sobat online nanti dan ternyata kurang puas dengan tampilan template tadi maka sobat dapat menggantinya dengan mudah bahkan dapat juga dig anti dengan template keren yang banyak dishare oleh master template secara gratis maupun berbayar.

Untuk melengkapi blog sobat agar mudah di telusuri atau di navigasi oleh visitor atau pengunjung blog untuk meningkatkan pageviews dan membuat pembaca betah, sobat setidaknya harus memiliki beberapa perangkat tambahan atau widget seperti ;

1. Daftar isi
untuk memudahkan pengunjung mengetahui apa saja artikel atau postingan pada blog

2. Artikel Terkait
untuk menambah minat baca pengunjung terhadap artikel lain yang sejenis yag sedang dibaca

3. Artikel Terbaru,
sebaiknya berada di halaman selain home page untuk memudahkan pembaca mengetahui artikel yang baru saja update

4. Tombol Share,
berada pada laman posting/artikel untuk memudahkan pembaca berbagi artikel yang sekiranya bermanfaat bagi mereka di media sosial facebook, twitter, path dll yang dapat meningkatkan kunjungan ke blog sobat

5. Kotak Komentar,
bermanfaat untuk memberikan kesempatan pada pembaca untuk bertanya atau memberi komentar atas artikel yg telah dibacanya, sekalian sebagai ajang silaturahim sesame blogger

6. Kotak pencarian internal,
Untuk memudahkan pengunjung menemukan artikel yang lain dalam blog sobat

7. Label atau kategori
Memudahkan pembaca mencari artikel berdasarkan kategori tertentu, misal ; Gadget, saint, tips dan trik dll

8. Artikel Populer
Memancing minat baca pengunjung terhadap artikel yang paling ramai dibaca oleh pengunjung lain

Apabila sobat berminat menekuni dunia blogging, untuk tahap awal sebaiknya sobat menggunakan template bawaan blogger/blogspot agar terbiasa memahami dan mengedit kode dan script yang ada pada template blog yang terletak pada bagian HTML.

Pengalaman saya yang juga sebagai blogger otodidak memulai dengan template dasar yang ada pada blogspot, kemudian saya berminat mengedit dan menambahkan widget-widget pendukung untuk mengoptimalkan tampilan blog sehingga menarik bagi visitor. Setelah itu barulah saya menggantinya dengan template yang terlihat professional yang juga didapatkan secara gratis.
0 Komentar untuk "Dasar Membuat Blog Sederhana dan Widget Standar Yang Harus Ada"

Harap Maklum Masbro, Komentar dengan Link Aktif Otomatis Terhapus. Trims

Back To Top