Monumen Paling Unik dan Aneh di Dunia

Sebuah monumen umumnya didirikan untuk memperingati kisah sejarah, sekaligus menjadi pengingat untuk generasi di masa depan. Namun, tidak sedikit juga monumen yang ada dibuat terkesan aneh? Inilah 7 monumen paling aneh di dunia.

Monumen air mancur monster pemakan anak bayi di Swiss, sampai patung ikan hiu di atas atap bangunan di Inggris. Dikumpulkan oleh detikTravel dari berbagai sumber, inilah 7 monumen paling aneh di dunia:

1. Patung Genghis Khan, Tsonjin Boldog, Mongolia

Siapa yang tidak mengenal Genghis Khan sang penguasa Mongol, atau biasa disebut Chinggis Khaan. Pemimpin Mongol ini sangat ditakuti pada masanya. Tembok Cina menjadi bukti betapa takutnya bangsa Tiongkok akan serangannya saat itu.

Untuk mengingat kehebatannya, dibuatlah sebuah monumen raksasa di tempat asalnya, Mongolia. Monumen setinggi 39 meter yang terbuat dari 250 ton stainless steel berdiri megah di tengah padang rumput.

Ini adalah patung terbesar di dunia untuk kategori orang menunggang kuda. Dibutuhkan waktu 1 jam dari Ulaanbaatar untuk mencapainya.

2. Kindlifresser Fountain, Bern, Swiss

Walaupun terlihat seperti karya seni nyentrik dan aneh, monumen patung pemakan anak yang berdiri di atas air mancur ini sangat menakutkan. Faktanya, monumen ini telah menakuti anak-anak di Bern sejak tahun 1546. Waktu yang cukup lama.

Mengenakan pakaian berwarna merah dan hijau, monumen ini terlihat seperti monster. Kabarnya, monumen ini dibuat untuk memberi peringatan kepada komunitas Yahudi di Bern. Tapi pastinya, patung ini akan selalu mengingatkan anak-anak di Bern untuk menjaga tingkah lakunya.

3. Fengdu Ghost City, Fengdu, Tiongkok

Persepsi neraka juga ada dalam agama Buddha. Uniknya, ada satu tempat di Tiongkok yang dibuat menyerupai neraka, yaitu Kota Fengdu. Mulai dari awal wisatawan memasuki gerbangnya, bentuk menyeramkan sudah dapat ditemui. Berbagai ornamen dan patung seram juga menghiasi kota ini.

Awalnya, saat periode Dinasti Han, dua petugas pengadilan bernama Yin dan Wang pindah ke Mount Mingshan untuk mencari pencerahan. Kebetulan, nama kedua orang tersebut apabila digabungkan menjadi 'Raja Neraka' dalam mandarin. Semenjak itu banyak orang menyebutnya sebagai tempat berkumpulnya hantu. Hii!

4. Manneken Pis, Brussels, Belgia

Hampir setiap wisatawan yang datang ke Brussels di Belgia, datang dan melihat monumen Manneken Pis dari dekat. Monumen yang berbentuk seorang anak kecil telanjang bulat dan buang air kecil ini, merupakan ikonnya kota Brussels, bahkan Belgia.

Legendanya macam-macam soal patung ini, dari seorang bapak yang kehilangan anaknya, raja Belgia yang menyuruh anak kecil pipis di depan raja Prancis, sampai soal kisah anak kecil mengencingi bom tentara Jerman. Monumen ini juga telah berulangkali menjadi korban vandalisme, atau juga malah diberi kostum khusus. Manneken Pis kini menjadi ikon wisata.

5. Calder Mercury Fountain, Barcelona, Spanyol

Jika umumnya air mancur memiliki bentuk artistik dan mengalirkan air, berbeda dengan Caldet Mercury Fountain di Barcelona. Air mancur ini tidak mengalirkan air, namun zat berbahaya merkuri. Monumen ini dibuat untuk mengingat Perang Almaden, perang saudara di Spanyol di salah satu tambang merkuri terbesar di dunia.

Air mancur ini dibuat oleh pemahat berkebangsaan Amerika bernama Alexander Calder. Ia mendesain air mancur ini sebagai tribut anti-fasis untuk Pemerintah Spanyol pada tahun 1937 di Paris. Jangan coba-coba menyentuh airnya ya.

6. Headington Shark, Headington, Inggris

Apabila ikan hiu biasa terlihat di laut, mungkin Anda akan terkejut ketika melihat hiu yang tertancap di atap sebuah rumah di Headington, Inggris. Bukan hiu sesungguhnya, namun replika ikan hiu yang terbuat dari metal, polyester, dan resin.

Sang pencipta sekaligus pemilik rumah Bill Heine, membuatnya untuk memperingati peristiwa pelepasan bom nuklir ke Nagasaki. Monumen tersebut mewakili rasa marah dan depresi akibat peristiwa itu. Walau dianggap aneh, kini monumen itu dianggap sebagai landmark Kota Headington.

7. Underwater Gallery, Grenada, Karibia

Grenada terkenal sebagai salah satu kota menarik di Karibia. Dengan iklim tropis dan laut biru, Grenada adalah salah satu destinasi favorit turis. Namun, ada monumen bernama Underwater Gallery yang terletak persis di dasar laut.

Monumen yang terdiri dari sekumpulan patung yang saling berpegangan ini adalah karya pemahat Jason de Caires Taylor. Monumen ini dibuat untuk mempromosikan pentingnya kesadaran akan lingkungan dan ekosistem laut. Untuk melihatnya perlu diving terlebih dahulu. (detik)
Labels: saintech, Traveling
0 Komentar untuk "Monumen Paling Unik dan Aneh di Dunia"

Harap Maklum Masbro, Komentar dengan Link Aktif Otomatis Terhapus. Trims

Back To Top