--> 6 Keunggulan Lain Android vs Iphone | TeknoRC

Seputar SainTech, Gadget dan Internet Plus


Tuesday

6 Keunggulan Lain Android vs Iphone

| Tuesday
Apple memposisikan iPhone sebagai smartphone segmen premium dengan segala eksklusifitasnya. Sementara smartphone berbasis Android tersedia dalam berbagai pilihan, mulai dari smartphone premium berharga selangit, hingga smartphone murah-meriah berharga di bawah Rp 1 juta.

Baik iPhone maupun smartphone Android bersaing keras di pasaran. Meski faktanya smartphone Android yang diproduksi oleh banyak vendor digunakan oleh lebih banyak pengguna.

Tentunya ada alasan kenapa lebih banyak orang lebih suka menggunakan smartphone berbasis Android di banding iPhone besutan Apple. Tentunya alasan ini di luar urusan banderol.

Berikut adalah 6 keunggulan smartphone Android dibanding iPhone seperti yang dilansir laman Business Insider:


1. Baterai bisa dilepas

Kebanyakan smartphone Android tidak mengadopsi desain unibody seperi iPhone. Mayoritas smartphone Android cover body bagian belakangnya bisa dibuka, dan baterainya bisa dilepas. Hal ini memungkinkan pengguna untuk menyematkan baterai berkapasitas lebih besar yang kini banyak dijual di pasaran. Selain itu, proses pencabutan baterai juga dapat berfungsi sebagai jalan keluar ketika smartphone mengalami hang (hard restart) .

2. Membuka banyak aplikasi

Keunggulan Android adalah memberikan banyak kebebasan bagi produsen pembesutnya untuk melakukan kustomisasi. Sebagai contoh, di sejumlah smartphone Android kelas menengah ke atas besutan Samsung dan LG, antarmuka yang digunakan mampu mengakomodasi penggunaan lebih dari satu aplikasi secara berdampingan di waktu bersamaan. Hal ini hingga kini belum bisa dilakukan di iPhone dengan sistem operasi terbaru iOS 8.

3. Charger universal

Smartphone Android apapun (mayoritas) menggunakan konektivitas micro USB untuk melakukan proses isi ulang daya (charging) dan transfer data. Artinya, pengguna Android tak pernah khawatir bila charger mereka terlupa tidak terbawa. Sebab konektivitas micro USB digunakan oleh hampir seluruh jenis perangkat elektronik yang menggunakan baterai isi ulang. Berbeda dengan iPhone yang mengusung konektivitas khusus USB Lightning Bolt.

4. Memori eksternal

iPhone selalu terbatas dengan kapasitas memori yang tidak dapat diekspansi. Berbeda dengan mayoritas smartphone Android yang menyediakan slot memori eksternal micro SD. Hal ini memberikan banyak keuntunga bagi pengguna karena dapat menyimpan lebih banyak data di perangkat Android mereka.

5. Quick setting

Smartphone bersistem operasi Android dibekali segudang fitur quick setting. Swipe layar dari atas ke bawah, dan Anda akan menemukan berbagai short cut navigasi setting yang mengefisiensikan penggunaan. Berbeda dengan antarmuka iPhone yang kaku.

6. Remote kontrol

Ini adalah fitur yang sangat fungsional yang ditawarkan oleh banyak smartphone Android. Beberapa smartphone Android besuatan Samsung, LG, HTC dan beberapa lainnya telah dibekali dengan fitur remote kontrol universial. Yang artinya smartphone Android Anda dapat berfungsi sebagai remote TV, AC dan banyak lagi. (lptn6)

Related Posts

No comments:

Post a Comment

Harap Maklum Masbro, Komentar dengan Link Aktif Otomatis Terhapus. Trims