--> Cara Masak Nasi Yang Tepat dan Pas | TeknoRC

Seputar SainTech, Gadget dan Internet Plus


Thursday

Cara Masak Nasi Yang Tepat dan Pas

| Thursday
Takaran air menanak nasi yang pas yang benar. Sobat Tekno, Kali ini pembahasan kita mengenai pernak-pernik seputar dapur. Semangkuk atau sepiring Nasi hangat yang terhidang di meja makan dan kita santap sebanyak 3 x sehari, pernahkah terpikir bagaimana proses pembuatannya melalui menanak nasi?

Jika sobat tekno belum pernah terbayang mengenai cara menanak nasi, sekaranglah saat yang tepat bagi sobat untuk belajar memasak nasi sendiri secara benar. Adapun mengenai hasil dari nasi yang ditanak adalah nasi pulen dan nasi padang. Itu semua tergantung jenis beras yang dipakai.

Keterampilan dasar di dapur, jika kita mau meluangkan waktu sedikit untuk mempelajarinya maka akan bermanfaat sekali ketika kita sendirian dirumah dan malas untuk keluar membeli sebungkus nasi padang. Terutama bagi anak kost yang kiriman bulanannya pas-pasan. sekalian hitung-hitung berhemat.


Kalau kita kelompokkan keterampilan dasar di dapur meliputi ; cara memasak nasi, cara menggoreng telur, cabe dan membuat sayur bahkan cara memasak air. Tapi, untuk memasak air mungkin sudah tidak begitu sulit karena setiap rumah sudah memiliki dispenser atau mesin pemanas atau pendingin air.

Pada pembahasan kali ini kita akan fokus pada cara menanak nasi yang tepat, artinya nasi yang kita hasilkan tidak terlalu lembek seperti bubur atau terlalu keras. sepele memang, tapi coba saja sendiri jika tanpa petunjuk niscaya sobat sendiri tidak akan bernafsu untuk melahap nasi tersebut.

Dahulu kebanyak orang memasak nasi menggunakan tungku, tapi mungkin sekarang penggunaan tungku kayu bakar sudah digantikan oleh kompor minyak tanah, kompor gas maupun magic com atau rice cooker.

Pada prinsipnya cara menanak nasi tetap sama yang membedakan adalah media pembakarannya menjadi lebih mudah dan lebih cepat matang karena api yang stabil dari peralatan tersebut.

Adapun tahapan memasak nasi yang pas adalah sebagai berikut ;

1. siapkan beras yang akan di tanak, sesuaikan dengan jumlah orang yang akan mengkonsumsi nasinya setelah matang atau wadah untuk memasaknya. misal 3 canting atau 3 cangkir untuk 1 periuk magiccom.

2. Cukup cuci beras yang sudah dimasukkan periuk sekali saja, kemudian tiriskan airnya. Hati-hati berasnya jangan sampai ikut terbawa air yang ditiriskan

3. Masukkan air secukupnya. Nah disini point penting yang sangat menentukan kualitas nasi setelah matang. Ukurlah ketinggian air dari permukaan beras yang sudah diratakan dengan menggunakan jari telunjuk. maksimal tinggi air adalah 2 ruas jari telunjuk sobat.

Jika air kurang dari 2 ruas telunjuk maka nasi akan keras tapi jika lebih maka nasi akan lembek. Tapi hal itu tidaklah baku karena semua itu juga tergantung pada jenis beras yang dimasak. Sehingga untuk hasil maksimal sobat harus tahu terlebih dahulu karakter berasnya.

4. Jika sobat memasak nasi menggunakan magicom atau rice cooker maka tinggal menekan tombol pemasak dan bisa beraktifitas bebas hingga menunggu tombol matang menyala tanpa harus terikat di rumah.

5. Bagi sobat yang memasak menggunakan kompor, maka sobat harus menunggui nasi tersebut hingga matang. Namun masih harus melakukan tahapan selanjutnya yaitu menutup periuk hingga air nasi mendidih, kemudian membuka tutup periuk hingga air nasi habis.

6. Agar nasi tidak menjadi kerak pada bagian bawahnya, maka sobat harus melapisi pantat periuk dengan pelapis dari pasir atau abu gosok yang ditaruh pada media sejenis nampan dari aluminium, kemudian memasang kembali tutup periuk.

7. Masak dengan api sedang, atau api yang lebih kecil dibandingkan dengan ketika proses mendidihnya air nasi hingga kering. Tunggu hingga 15 menit, jangan sampai lebih.

8. Setelah 15 menit matikan api kompor dan buka tutup periuk kemudian aduk-aduk nasi pan as tersebut menggunakan semacam tongkat kecil atau bisa juga dengan gagang sendok nasi (asal jangan pake gagang sapu aja...wkwkwk). kegunaannya adalah agar nasi tidak menggerumpal atau lengket saat telah dingin nantinya.

9. Nasi siap dihidangkan...

Eits...itu baru nasinya yang masak, bagaimana dengan lauknya ? nanti kalo sempet saya bahas lagi cara menggoreng telur atau ikan. Pokoke anggap saja tutorial dapur untuk mahasiswa atau anak kost.

Baca Juga ; Cara membuat Teh Lidah Buaya sendiri dan manfaatnya bagi tubuh

Related Posts

No comments:

Post a Comment

Harap Maklum Masbro, Komentar dengan Link Aktif Otomatis Terhapus. Trims