Cara Buat Catatan di Smartphone Dengan Suara Anda

Salah satu aplikasi pada smartphone yang tersedia dalam folder office adalah notes yang berfungsi sebagai catatan. Biasanya jika kita hendak menggunakan fitur ini pastilah menggunakan virtual keypad pada smartphone android dan itu jujur saja agak sedikit ribet karena tuts smartphone begitu kecil.

Ternyata  ada solusi mudah untuk orang yang gemar mencatat. Cobalah menuliskan suatu kalimat pada notes tersebut menggunakan perintah suara lewat fitur Ok Google.

Dengan memanfaatkan fitur ini, Anda akan menjadi lebih mudah dan cepat dalam mencatat, karena tidak perlu lagi mengetik (catatan) lewat keyboard di smartphone. Hanya tinggal katakan saja lalu teks tersebut akan dengan otomatis tertulis.

Bagaimana caranya? selain fitur Ok Google, untuk memanfaatkan layanan ini pastikan Anda telah memiliki aplikasi Gmail juga Google Note.


Pertama, panggilah fitur Google Now dengan, mengatakan Ok Google di smartphone ini. Jika fitur ini telah diaktifkan, maka akan langsung hidup meski smartphone Anda sedang dalam keadaan terkunci sekalipun.

Setelah itu katakanlah “take a note” atau jika Anda telah menyesuaikan dengan perintah suara berbahasa Indonesia, bisa mengatakan “buka aplikasi Note”. Setelah itu ucaplah kalimat yang ingin Anda tulis melalui suara.

Okezone sempat mencobanya, pertama memilih Gmail sebagai aplikasi default untuk mengirim catatan, setelah itu mengucapkan “aplikasi Google” . Hasilnya catatan berupa “aplikasi Google” langsung ditransfer ke Gmail pribadi.

Nantinya akan ada dua pilihan item yang dapat dipergunakan. Pertama Gmail dan Google Note. Jika Anda memilih Gmail, nantinya catatan tersebut akan langsung di kirimkan ke alamat email Anda.

Sementara jika memilih Google Note, maka catatan itu bisa Anda buka melalui aplikasi tersebut.

Jangan khawatir, bagi anda yang menggunakan aplikasi catatan miliki Microsoft seperti One Note. Fitur ini juga tetapi bisa dipergunakan. Demikian seperti dikutip okezone dari phone arena.
Labels: Gadget, saintech
0 Komentar untuk "Cara Buat Catatan di Smartphone Dengan Suara Anda"

Harap Maklum Masbro, Komentar dengan Link Aktif Otomatis Terhapus. Trims

Back To Top