--> Tips Penting Cara Termudah Membuka Roda Mobil Sendiri | TeknoRC

Seputar SainTech, Gadget dan Internet Plus


Wednesday

Tips Penting Cara Termudah Membuka Roda Mobil Sendiri

| Wednesday
Cara Mudah Buka Baut Ban Mobil Keras. Mengganti ban mobil yang kempes dengan ban serep kelihatannya adalah hal yang mudah, tinggal bawa ke tukang tambal atau bengkel.

Namun hal sepele ini akan jadi masalah ketika anda sedang berada diperjalanan yang jauh dari bengkel, sementara anda sendiri tidak mengetahui teknik termudah membuka baut ban mobil yang keras. apa yang harus sobat lakukan ?

Tips ini Penting untuk diketahui bagi siapapun yang biasa membawa mobil, baik laki atau perempuan terlebih lagi bagi wanita. apa anda mau melongo sendirian dijalanan yang sepi ? kebayang gak ?

Tulisan ini saya buat berdasar pengalaman pribadi, saat mobil saya terkena paku atau sekrup dan menempel kedalam ban tubless tanpa saya ketahui. setelah beberapa hari mobil akan dibawa jalan taunya ban belakang sudah kempes di garasi, setelah saya amati ternyata ada sebuah sekrup yang sudah terbenam hingga kepalanya diban belakang mobil saya.

wanita buka ban mobil

Akhirnya segera saya mengeluarkan peralatan dasar perkakas seperti dongkrak dan kunci-kunci pas untuk mengganti dengan ban serap. Saya langsung membuka ban yang kempes dengan kunci pas bawaan mobil, dengan arah berlawanan dengan jarum jam tapi sekuat apapun saya coba putar itu baut gak bergeming sedikitpun malah tangan jadi pegal (heheh maklum amatiran).

Selanjutnya saya tanya-tanya sama tetangga, rencananya mo pinjam sambungan pipa besi, seperti orang tambal ban membuka roda truk, biar lebih mudah gitu ternyata gak ada dan tetangga saya memberikan tips gak perlu pake besi pipa untuk membuka roda mobil.

Biar lebih detil saya urutkan satu persatu cara termudah membuka Roda mobil yang benar ;

1. Kendurkan dahulu baut yang ada di velg roda,
Pas kan kunci roda dengan baut kemudian condongkan tangkai kunci roda ke arah kiri dan hantam dengan kaki tangkai kunci roda ke bawah sehingga terdengar bunyi berderit dan putar sedikit biar longgar tapi jangan dicopot dulu bautnya (menghantamnya jangan terlalu keras yg sedang saja) lakukan pada keempat baut yang ada pada roda yang akan dicopot.

2. Pasang dogkrak dibawah rangka mobil yang dekat dengan ban yang akan dilepaskan
Posisi dongkrak harus pas dengan bidang besi rangka mobil dan putar dongkrak searah jarum jam sampai roda tersebut terangkat beberapa centimeter dari tanah

3. Proses Pelepasan Roda
Setelah proses dongkrak selesai, dimana cukup ruang untuk memasukkan roda pengganti maka sobat mulai melepaskan semua baut pada velg roda dan tarik roda sampai lepas.

4. Ban Serep
Ini penting! periksa ban serep anda minimal sekali 6 bulan kalau tidak mau mengalami kejadian seperti saya, ketika ban serep diturunkan ternyata anginya sudah ilang juga alias kempes, apes dah....hehehehe. gak jadi pasang ban serep dan mau tak mau saya harus menambal ban tubless yang bocor tadi.

5. Memasang Roda Kembali
Posisikan baut pada bantalan roda dengan lubang baut yang ada pada velg dengan tepat, setelah masuk keempat lubang tersebut tahan dan pasang baut satu persatu, kemudian kencangkan secara menyilang (X = posisi baut kanan atas dulu kemudian kiri bawah begitu sebaliknya) dengan tangan sampai gak kuat lagi memutarnya.

kemudian baru dibantu dengan kunci roda tapi jangan terlalu kuat, itu akan merusak ulir baut dan membuat anda susah membukanya kembali ketika ban kempes (Penting lagi! pengencangan baut secara menyilang bertujuan untuk meratakan kekuatan tekanan penguncian)

6. Lepas kembali dongkrak secara perlahan dengan arah berlawanan dengan putaran jarum jam

Begitu sobat pengalaman saya membuka sendiri roda mobil kenapa saya menggunakan istilah roda mobil bukan ban mobil ? karena yang bisa kita buka sendiri adalah roda mobil, dan yang bisa membuka ban mobil ya tukang tambal ban, dan yang masih pake benen atau ban dalam akan sering membuka ban dari velgnya jika bocor.

Membuka roda mobil teorinya mudah tapi ketika praktek bisa dirasain sendiri bagi yang belum tahu tips dan trik yang saya share ini. semoga bermanfaat.

Baca Juga : Cara Tepat Memilih Ban Mobil dan Motor

Related Posts

No comments:

Post a Comment

Harap Maklum Masbro, Komentar dengan Link Aktif Otomatis Terhapus. Trims