--> Google Doodle Ikut Meriahkan HUT RI | TeknoRC

Seputar SainTech, Gadget dan Internet Plus


Sunday

Google Doodle Ikut Meriahkan HUT RI

| Sunday
Mbah Google ikut 17 Agustusan. Tak hanya warga Indonesia yang merayakan HUT RI dengan memasang berbagai atribut merah putih. Hari Kemerdekaan Indonesia pun ikut dirayakan oleh raksasa teknologi search engine Google melalui tampilan doodle khusus.

Menampilkan gambar tujuh anak Indonesia, dua di antaranya sedang mengibarkan bendera Merah Putih, serta berlatar belakang beberapa rumah adat di Indonesia, Google Doodle hari ini memang dimaksudkan untuk memberi penghormatan kepada Indonesia yang sedang merayakan hari kemerdekaannya yang ke-69 pada tanggal 17 Agustus 1945 - 17 Agustus 2014.

Ini bukan pertama kalinya Google ikut merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia dengan doodle khusus yang dipersembahkan untuk Indonesia. Di tahun-tahun sebelumnya Google juga sudah ikut merayakan, tentunya dengan desain doodle yang berbeda, namun dengan nuansa Indonesia. Dan ini adalah tahun keenam bagi Google merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia.

HUT RI Ke-69 oleh Google Doodle
Bila anda membuka situs pencarian Google hari ini, terpajang doodle bertema kemerdekaan RI dimana di dalamnya tersuguh gambar anak sekolah dasar yang tengah melaksanakan upacara penaikan bendera dalam rangka merayakan dirgahayu RI yang ke-69 ini.

Selain itu google doodle kali ini juga berusaha menonjolkan keanekaragaman suku dan budaya yang ada di Indonesia dengan menyematkan karakter dari sejumlah daerah seperti Betawi, Bali, dan juga Dayak.

HUT RI Ke-68 Google
Tak cuma itu google juga menambahkan background berupa gambar berbagai rumah khas masing-masing daerah di Indonesia yakni rumah khas minang, padang, dayak dan rumah joglo. Menariknya, pengguna juga bisa berbagi doodle kemerdekaan RI ini ke Facebook, Twitter, Google+, maupun email melalui tombol share yang tersedia di bagian kanannya.

Mengenai Google Doodle sendiri, bisa dibilang ini adalah cara Google untuk menghormati momen-momen penting yang ada di negara-negara di dunia termasuk Indonesia. Sebelumnya pada 9 Juli lalu raksasa internet ini juga memajang doodle bertemakan pemilihan umum di situs mesin pencariannya untuk menghormati momen pilpres yang tengah berlangsung.

17 Agustus 1945, atau tepat 69 tahun yang lalu, kemerdekaan Indonesia diproklamirkan oleh dua founding father negeri ini, Soekarno dan Mohammad Hatta, di Jalan Pegangsaan Timur No 56, Jakarta. Tanggal ini kemudian dirayakan sebagai Hari Kemerdekaan Indonesia tiap tahun.

Sejarah mencatat, penyusunan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dilakukan Soekarno, Hatta, dan Achmad Soebardjo di rumah seorang perwira tinggi Angkatan Laut Jepang, Laksamana Tadashi Maeda di Jalan Imam Bonjol No 1, Jakarta.

Penyusunan teks Proklamasi tersebut turut disaksikan oleh Sukarni, BM Diah, Sudiro, dan Sayuti Melik Sukarni mengusulkan agar yang menandatangi teks Proklamasi itu adalah Soekarno dan Hatta atas nama bangsa Indonesia. Setelah konsep selesai disepakati, Sayuti Melik menyalin naskah tersebut dengan menggunakan mesin ketik.

Pada awalnya pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia akan dilakukan di Lapangan Ikada (sekarang kawasan Monas). Namun, karena alasan keamanan, maka pembacaan teks Proklamasi dipindahkan ke kediaman Soekarno, di Jalan Pegangsaan Timur No 56 (sekarang Jalan Proklamasi No 1) pada 17 Agustus 1945 sekitar pukul 10 pagi.

Perayaan HUT RI oleh Google
Saat ini, setiap tanggal 17 Agustus, selalu dilakukan upacara penaikan bendera pada pagi hari dan penurunan Sang Saka Merah Putih pada sore harinya di Istana Negara.

Sementara di kalangan masyarakat Indonesia, perayaan selalu dimeriahkan dengan sejumlah lomba menarik seperti lomba panjat pinang, lomba makan kerupuk, lomba memasukkan pensil dalam botol, lomba mengambil uang koin dalam tepung, lomba ambil uang yang dibenamkan pada jeruk bali, lomba menangkap bebek dan lomba balap karung. (dtk/inilah/dll)

Related Posts

No comments:

Post a Comment

Harap Maklum Masbro, Komentar dengan Link Aktif Otomatis Terhapus. Trims