--> Konsep dan Cara Cas Baterai Smartphone Masa Depan | TeknoRC

Seputar SainTech, Gadget dan Internet Plus


Monday

Konsep dan Cara Cas Baterai Smartphone Masa Depan

| Monday
Berbagai macam konsep dan cara cas baterai HP masa depan tanpa arus listrik terus dikembangkan. Konsep baterai ponsel di masa depan dikabarkan hanya memerlukan waktu hitungan detik saja saat dicas, tahan hingga berbulan-bulan, dan mengisinya hanya dengan udara.

inilah mengutip, kini sudah muncul beberapa konsep teknologi luar biasa untuk diterapkan pada baterai ponsel di masa depan. Apa saja?

Charge baterai melalui udara di uBeam

uBeam menggunakan ultrasound untuk mengirimkan elektrik. Tenaga daya listrik diubah menjadi gelombang suara, namun diubah kembali menjadi listrik ketika sudah sampai di perangkat.

Konsep uBeam dicetuskan oleh seorang astrobiologi muda bernama Meredith Perry. uBeam diharapkan bisa diumumkan resmi produknya akhir tahun ini.

Charge Baterai melalui Suara

Para peneliti di Inggris telah mengembangkan sebuah ponsel yang mengubah suara latar seperti lalu-lintas, percakapan atau musik, menjadi listrik. Seperti apa?

Sebuah purwarupa (prototip) hasil kerjasama ilmuwan dari Queen Mary University of London (QMUL) serta Nokia telah dibuat, dan memungkinkan pengguna dapat mengisi daya smartphone hanya dengan suara.


Gizmag melansir, Kemampuan unik ini berasal dari nanogenerator yang mampu mengubah suara atau getaran menjadi listrik. Tim menemukan bahwa konsep ini sebelumnya mampu meningkatkan kinerja panel surya.

Teknologi ini berdasarkan pada konsep yang diajukan oleh para ilmuwan Korea empat tahun lalu disebut sebagai efek piezoelektrik, yang menjelaskan bagaimana nanowires terbuat dari seng oksida menghasilkan arus listrik ketika mereka mengalami beberapa jenis stres mekanik, seperti tergencet, diregangkan atau membungkuk.

“Mampu menjaga daya perangkat mobile lebih lama (awet) dengan memanfaatkan energi liar (kebisingan) adalah konsep yang menarik,” kata Joe Briscoe, peneliti di QMUL.

Baterai dengan tenaga dari air embun

Meski masih tahap awal sekali, namun para ilmuwan dari MIT sudah menemukan cara untuk menghasilkan tenaga dari air embun.

Perangkat dari para ilmuwan menggunakan piringan baja khusus untuk menghasilkan tenaga dari air embun yang dikumpulkan dari udara. Tes-tes awal sudah berhasil menghasilkan listrik sebesar 15 picowatt.

StoreDot, mengecas baterai hanya 30 detik saja

Charger StoreDot, yang dikembangkan oleh StoreDot, memungkinkan pengguna charger baterai ponsel hanya dalam waktu 30 detik saja. Charger ini menggunakan teknologi semikonduktor biological. Diperkirakan StoreDot akan rilis pada tahun 2016.

Related Posts

No comments:

Post a Comment

Harap Maklum Masbro, Komentar dengan Link Aktif Otomatis Terhapus. Trims