--> Atap Tegosolar Pembangkit Listrik Alternatif | TeknoRC

Seputar SainTech, Gadget dan Internet Plus


Tuesday

Atap Tegosolar Pembangkit Listrik Alternatif

| Tuesday
Atap Pembangkit listrik alternatif. Fungsi atap pada umumnya adalah untuk melindungi sebuah rumah dari cuaca, panas matahari, debu dan hujan. Tapi seiring dengan kemajuan teknologi fungsi atap bukan hanya sekedar melindungi rumah dan penghuninya dari berbagai masalah yang datang dari atas.

Beberapa tahun kedepan Atap sekaligus berfungsi sebagai pembangkit listrik. Genteng pembangkit listrik ini tidaklah benar-benar sebuah genting yang biasa kita temui, tapi hanya berupa penamaan saja karena genting pembangkit listrik ini diletakkan di atas atap biasa.

Daya listrik yang dihasilkan oleh atap tegosolar mampu mencukupi kebutuhan listrik sebuah rumah. dengan menggunakan genting tegosolar maka listrik PLN tidak lagi dibutuhkan dan beban tagihan listrik bulanan tidak akan membuat pusing apalagi dengan kenaikan TDL setiap tahunnya

Secara umum, orang memahami sel surya sebagai peranti yang mampu mengubah energi matahari menjadi listrik.

Salah satunya, Tegosolar. Produk ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan solar cell jenis lain. Dari segi desain, material yang digunakan sangat fleksibel (lentur) hingga mampu ditekuk menyerupai huruf U.

Pemasangannya pun bisa mencapai kemiringan 150, sedangkan solar cell biasa hanya bisa sampai 300—tidak bisa lebih kecil lagi. Selain itu, Tegosolar juga antigores, antipecah, bahkan bila terinjak.

Sebagai material pengganti atap, Tegosolar cocok dipasang pada atap single bitumen (genteng aspal datar). Benda ini berbentuk seperti lembaran atau panel yang rata. Pemasangannya pun mudah, bisa dipaku di atas multipleks setebal 9 mm atau dengan membakar lapisan perekatnya di atas dak beton.

Namun demikian, bentuknya yang datar, Tegosolar kurang baik jika dipasang di atas genting kodok atau beton yang permukaannya bergelombang dan bercelah.


Rata-rata kebutuhan listrik setiap 1 hunian rumah tinggal mencapai 1.000 Watt. Satu panel Tegosolar memiliki ukuran 2,88 m x 0,45m, sehingga dibutuhkan 11 panel untuk mencapai daya listrik sebesar 1.000 Watt.

Dengan perhitungan 1 lembar Tegosolar menutupi atap seluas ± 17 meter persegi, maka jika rumah Anda membutuhkan daya listrik 3.000 Watt, berarti Anda membutuhkan 33 panel.

Bukannya tidak mungkin, setelah menggunakan genting ini, dalam 5 tahun ke depan Anda tak membutuhkan lagi listrik dari PLN. (nationalgeo)

Related Posts

No comments:

Post a Comment

Harap Maklum Masbro, Komentar dengan Link Aktif Otomatis Terhapus. Trims