--> Experiment A/B Adsense Hari Pertama Mengecewakan | TeknoRC

Seputar SainTech, Gadget dan Internet Plus


Monday

Experiment A/B Adsense Hari Pertama Mengecewakan

| Monday
Pengalaman Pengujian a/b adsense. Berbagai cara dilakukan oleh publisher adsense untuk menaikkan CTR dan pendapatan atas iklan adsense yang mereka pasang pada blog kesayangan. Mulai dari tata letak penempatan adsense, pengujian warna untuk adsense teks dan melakukan pengujian antara dua jenis ukuran adsense yang sama yang dikenal dengan pengujian A/B adsense.

Saya tidak bermaksud untuk menshare cara melakukan pengujian experiment a/b adsense. Kali ini kita akan membahas mengenai kinerja pengujian a/b adsense. Sebelum melakukan pengujian ini pastikan dulu bahwa penghasilan harian adsense sobat sedang lesu. Kenapa harus nunggu lesu dulu? karena jika penghasilan harian adsense sobat sedang berjaya sebaiknya pengujian a/b ditangguhkan dulu. Perlu juga diperhatikan pengujian a/b ketika diterapkan tidak bisa langsung dibatalkan hingga hasil awal muncul dan itu memerlukan paling sedikit 1 hari tergantung trafik blog sobat.

Bagaimana menentukan bahwa earning daily adsense sedang lesu? coba sobat meriview 1,2 hari sampai 1 minggu kebelakang, apakah sobat cukup puas dengan hasil yang didapat dari iklan adsense yang sedang terpasang saat ini.


Contoh adsense sobat, penghasilan rata-rata harian-seminggu berkisar antara $1-$7 untuk iklan yang sedang terpasang sebelum dilakukan uji coba pengujian a/b. Nah dibandingkan dengan hasil seminggu sebelumnya lagi apakah sobat cukup puas ? misalkan penghasilan seminggu sebelum itu lebih kecil lagi, dapat disimpulkan sobat sedang mengalami kepuasan atas penghasilan saat ini.

Melihat hasil yang didapat tersebut jika sobat ngebet ingin melakukan pengujian a/b sebaiknya ditunggu hasil seminggu yang sedang berjalan, kalau sekiranya minggu berjalan ini hasilnya menurun barulah sobat melakukan pengujian a/b.

Kalau sobat tetap ngotot melakukan pengujian a/b karena baru saja membaca artikel optimalisasi cara meningkatkan CTR adsense dari para master adsense, maka siap-siap saja kecewa dengan penghasilan harian adsense sobat seperti yang saya alami. Bagaimana tidak, penghasilan harian adsense saya yang sedang naik dalam 3 hari sebelumnya mulai $0.85, $1.25 dan $1,48 dengan RPM $0.70 sekarang malah anjlok menjadi $0.75 dan rpmnya pun cuma $0.53 seperti penghasilan sebelum saya melakukan ujicoba warna sendiri tanpa experimen a/b.

Saya juga belum bisa menyimpulkan apakah uji coba pengujian a/b ini gagal ataukah ini memang bagian dari proses pengujian karena status pengujian a/b inipun masih dalam "collecting data" dan berdasarkan sharing para master adsense butuh waktu kurang lebih 1bulan untuk bisa mendapatkan hasil sebenarnya. dan itu pun tergantung pada traffik blog sobat.

Dalam pengujian experimen a/b ini saya mengambil gaya iklan default adsense sebagai pembanding untuk gaya iklan yang telah saya pasang selama ini. Apakah pilihan saya ini salah ? mungkin kita harus menunggu masukan dari publisher adsense yang telah sukses melakukan ujicoba experiment a/b ini.

Kalau sekiranya pilihan pembanding untuk experimen a/b ini salah, maka sobat blogger dapat menjadikan pelajaran, apabila melakukan pengujian a/b gunakan gaya warna selain warna default adsense, tepatnya pilih warna yang lebih pas sesuai warna background dan warna font pada blog sobat.

Saya cuma publiher adsense kemarin sore dan belum pernah payout tapi sedang menunggu hasil setengahnya lagi untuk bisa payout perdana.

semoga gak nambah pusing dengan tulisan saya ini. kalo ada yang mau ngasih masukan saya terima dengan senang hati, apalagi kalau ada yang ngasih bingkisan...hehehe..

Related Posts

2 comments:

  1. hahah,, susah juga ya kalau baru kemarin sore jadi publisher.. saya juga masih nunggu untuk PO..

    ReplyDelete
  2. oh iya gan...yg susah itu bukan daftar adsense tapi menjaga akun tetap eksis dan menghasilkan dollar. saya saja baru pertama PO dan sekarang sudah cuti dari adsense karena utk adsense reguler blm di approved juga. ada saja alasan simbah. #disitukadangsayamerasasedih :'(

    ReplyDelete

Harap Maklum Masbro, Komentar dengan Link Aktif Otomatis Terhapus. Trims