Berapa Lama Visitor Turun Setelah Ganti Domain

Takut Ganti domain. Ya bagi beberapa blogger mempunyai alasan tersendiri untuk tidak mengganti domain blog mereka terutama yang ngehost dan terdaftar di blogger atau blogspot yang sudah kadung ramai, menjadi custom domain atau Top Level Domain (TLD).

Seperti yang diutarakan oleh beberapa blogger senior, dampak jangka panjang mengganti domain blog dari yang gratisan kepada domain berbayar akan dirasakan beberapa bulan kedepannya. Sedangkan efek sampingya adalah visitor blog akan anjlok dan terjun bebas dari perolehan normalnya.

Penurunan grafik pengunjung blog yang terjadi lebih disebabkan faktor penyesuaian. Bagaimana tidak blog kita yang menggunakan akhiran bloglama.blogspot.com atau lainnya sudah dikenali dan akrab dengan search engine utama seperti google, yahoo, bing, goo, yandex dll. Apalagi yang intens mempublish postingan setiap harinya. Bisa dibilang SERP-nya sudah oke.


Dengan mengganti domain gratisan menjadi domain sendiri, sama saja kita membuat alamat baru bagi blog tersebut, Meskipun isinya adalah sama. Nah, yang namanya barang baru tentu membutuhkan waktu untuk penyesuaian dan perayapan (crawl) peng-index-an oleh mesin pencari.

Sebagaimana yang terjadi pada blog tekno rc dengan url lama ; teknorc.blogspot.com sudah menjelma menggunakan custom domain dengan url teknotc.com tidak langsung mengalami peristiwa anjloknya visitor pada hari pergantian tersebut tapi bertahap mulai terasa pada hari ke 3 dan seterusnya sampe hari ke 6.

Bahkan saat saya test kata kunci yang bisa mengantarkan visitor ke blog ini dalam hari-hari kelam itu; obat sakit gigi resep dokter mujarab yang biasanya menduduki SERP No.1 google tidak muncul sama sekali dan ternyata saya jadi tahu ada blogger copas yang sudah mencomot pengalaman saya tersebut tanpa mencantumkan sumber aslinya. Sungguh terlalu... :p

Tekno RC blog yang normalnya mempunyai visitor di atas seribu-an dengan pageview hampir 5000 perhari harus mengurut dada menyaksikan fenomena turunnya visitor dengan titik terendahnya pada 100-an visitor dan 500-an page view pada hari keenam.

Namun pada hari-hari selanjutnya visitor kembali berangsur naik. Mungkin proses penyesuaian sudah berangsur normal dan jumlah artikel yang di-index google sudah mendekati 100% sementara postingan yang terindex bing masih dibawah itu. sedangkan untuk alexa rank masih belum terdata.

Pada hari ini kembali saya mencoba menggunakan keyword sejenis ; obat sakit gigi ampuh dan murah ternyata sudah kembali pada posisi SERP semula yaitu ranking 1 pagewan mbah google. Alhamdulillah dan blog sicopas sudah kembali terdepak... qqqq...

Sebagai pengelola blog ini saya mulai boleh tersenyum melihat pertumbuhan dari perubahan menjadi custom domain semoga kedepannya jumlah visitor bisa berlipat-lipat kenaikannya dari sebelumnya yang menggunakan domain gratisan, meskipun untuk hosting masih setia menggunakan blogger, namanya juga blogging otodidak ya semua proses harus saya jalani dulu untuk bisa memahaminya.

Dari pemaparan diatas dapat saya tarik hipotesa berdasarkan pengalaman mengganti domain bahwa penurunan visitor hingga titik terendah adalah lebih kurang 5 hari dan setelah itu berangsur normal kembali, penyebabnya bisa jadi karena saya sudah mendaftarkan alamat url blog ini ke webmastertool google dan bing, submit ke berbagai search engine, tetap memposting artikel dan optimasi lainnya

Jadinya jika sobat masih ragu untuk mengganti domain, pengalaman saya di atas dapat menjadi referensi bagi sobat blogger pemula untuk mulai tampil lebih profesional.

Selanjutnya ; Beli Domain Terbaik Via Paypal Unverified Disini Lho
Labels: Blog dan SEO
14 Komentar untuk "Berapa Lama Visitor Turun Setelah Ganti Domain"

Sejak komentar ini saya tulis, sekarang kalau gak salah sudah hari ke-6 blog saya berbaju TLD. Dan benar, Visitor berkurang 20%, Semoga cepat membaik. :)

selamat ya...kalo kurang segitu masih lebih bagus dari trafik ane dulu gan...sebaiknya rajin update tiap hari selama masa transisi ini, gak perlu banyak-banyak yg penting diupdated tiap hari blognya gan.

Blog ini berapa hari/bulan baru pulih jadi pv 5000 lagi?

aduh...sdh lupa saya gan... traffik kembali normal dan ada peningkatan mungkin ada sekitar sebulananlah...itupun saya konsisten updated tiap hari

sama gan ane juga :'(

______________________
http://www.renotekno.net/

mas, visitor berangsur normal itu maksudnya adress (.blogspot) kita yang di index search engine udah ke direct ke (.com) atau gmana?
sama normalnya visitor ente itu bener2 balik ke 5000 pv lagi atau berkurang?

mohon bimbingannya

betul boss..udh direct ke com dan balik ke 5000-an lg... bahkan sekarang msh stabil diangka itu meski skrg ane jrg update

wah ternyata begitu ya hadehh pantesan yang tadinya stabil di traffic 15k setelah ganti domain anjlok ke 5k/hari sedih rasanya :,( mdah"an cepet kembali normal traffic nya

a..mi..n wah matap tuh kang 15 k bs panen bulanan 3 digits adsensenya..moga cepat pulih dan makin rame...

hmm jadi agak g bersemngat ngeblog nih udah 2 minggu nggak berangsur naik trafficny, mksimal sampai brapa lama ya mas traffic kmbali normalny?? :'(

sepengetahuan saya, setiap ganti domain pada akhirnya bisa memperbaiki serp. misalnya tadi di halaman 5, setelah ganti domain bisa jadi masuk halaman 2.

klu blog du hapus lalu kiya pindah kan domain ke blog lain bagai mana itu gan?😭

update tiap hari, visitor kembali seperti semula.
berarti kalo tidak update, visitor tidak kembali ya?
berarti ganti domain, merugikan dunk.

Thanks infonya gan..ternyata penurunan trafik selama ini normal ya..

Harap Maklum Masbro, Komentar dengan Link Aktif Otomatis Terhapus. Trims

Back To Top