--> Ganti Template Visitor Turun Bukan Omong Kosong | TeknoRC

Seputar SainTech, Gadget dan Internet Plus


Thursday

Ganti Template Visitor Turun Bukan Omong Kosong

| Thursday
Gawat, Siapa bilang merubah template blog tidak berpengaruh pada visitor. Pengalaman buruk yang saya alami saat ganti template blog. Alih-alih traffic UV naik, malah anjlok dan hancur. Kalau master blog dan SEO yang melakukan perubahan pada struktur meta blog, mungkin tidak akan berpengaruh dengan traffic visitor blog mereka karena mereka memang sudah ahli dalam mengutak atik script html dan css yang ada pada template blog.

Sobat yang masih awam dalam koding html, css dan script terkait pada struktur sebuah blog. sebaiknya tidak melakukan perubahan atau mengganti template pada blog yang sudah mempunyai visitor yang lumayan. Apalagi pengetahuan sobat hanya pas-pasan atau akan menyesal seperti yang saya alami pada blog tekno rc ini.

Ceritanya, template blog yang lama buatan maskolis hendak saya ganti dengan yang baru template kompi males dari kompi ajaib seperti yang sobat lihat (kalau sobat pernah berkunjung ke blog ini sebelumnya pasti tahu ada perubahan besar pada templatenya) harapannya sih biar lebih fresh dan UV blog dari search engine akan naik.


tapi apa daya, mungkin karena saya terburu-buru tanpa googling dahulu apa yang akan terjadi jika template blog diganti akhirnya saya benar-benar lemas setelah 24 jam dari pergantian traffic blog saya langsung anjlok drastis seperti harga minyak dan emas dunia.

Sebelum mengganti template blog, rata-rata pengunjung blog saya antara 750-1000 UV setiap harinya. Namun setelah template berganti, padahal jenis template yang lama dengan yang baru masih sama yaitu template responsive, seo friendly dan valid HTML5 traffic blog yang rata-rata berasal dari original search engine mbah google menjadi tinggal hanya -10% nya saja alias anjlok sampe lebih 90%nya.

Coba sobat bayangkan gimana perasaan saya melihat kenyataan pahit didepan mata, harapan bagaikan pungguk merindukan bulan alias jauh panggang dari api. Yah mau gimana lagi nasi sudah jadi bubur, saya masih punya harapan setelah baca-baca pengalaman dan petunjuk dari master blog dan seo bahwa efek samping dari pergantian template akan mereda seiring waktu, semoga

Saya juga masih kepikiran untuk kembali menggunakan template lama jika dalam seminggu tidak ada perubahan ke arah yang menggembirakan dari UV blog ini, meskipun itu tidak menjamin akan kembalinya traffic normal.

Terkait apa yang saya alami, saya dapat memberikan beberapa masukan buat sobat blogger nubie yang ada keinginan untuk mengganti template ;

1. Jika Traffic visitor blog saat ini sudah stabil di level yang menyenangkan sobat sebaiknya tidak usah ganti template, cukup optimasi template yang ada denga warna berbeda atau hal lain yang tidak merubah struktur blog

2. Agar mempunyai pengetahuan dasar mengenai SEO dan HTML, CSS, script Template sehingga penurunan traffic yang drastis dapat dihindari

3. Agar banyak membaca pengalaman blogger lain terkait gonta ganti template, sehingga keputusan yang sobat ambil lebih matang dan tidak menjadi penyesalan dikemudian hari

Mohon masukan dari sobat blogger, berupa saran dan pengalaman atas kejadian ini yang mungkin juga pernah sobat tekno alami.

Baca Juga ; Menyambut Tahun Baru Blog Sepi Pengunjung

Related Posts

6 comments:

  1. jadi gmana gan? ente ganti templatenya kembali ke template lama atau nunggu efek template meredah? karena ane mengalami hal serupa :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya tetap lanjutkan dan solusinya dengan tetap update postingan stiap harinya maka dlm waktu sebulan traffic sudah kembali normal.. :D

      Delete
  2. saya juga awalnya pakai template mas template PV sehari minimal 15k stabil waktu nyoba beli template premium evomagz 2 and dipasangin langsung sama pembuatnya PV turun cuma 5K stabil

    ReplyDelete
  3. Anonymous17:44

    Udah 7 hari yang lalu saya ganti teme toko online saya trafik nya langsung turun 50%, mau kembali keteme lama takut nya tambah parah, ada solusi nya gak pak. tenks.

    ReplyDelete
  4. Sama...pv ku juga turun pasca ganti template

    ReplyDelete
  5. Sama mas saya juga pernah mengalamai baru baru ini tergiur viomagz jadi kut turun drastis sehari 700 - 800 uv eeh malah turun mudah 200 - 300 uv mudah mudahan kembali cepat

    ReplyDelete

Harap Maklum Masbro, Komentar dengan Link Aktif Otomatis Terhapus. Trims