--> Singkong, Daun dan Batangnya Kaya Manfaat Kesehatan | TeknoRC

Seputar SainTech, Gadget dan Internet Plus


Friday

Singkong, Daun dan Batangnya Kaya Manfaat Kesehatan

| Friday
Masih ingat cuplikan dialog film upin dan ipin sesi intan payung makan singkong? hmm.. tak enak pun gumamnya saat mencicipi rebusan singkong buatan opah yang langsung ditimpali opah upin dan ipin ; enak tak enak telan aja.

Tanaman asli Brasil dan Paraguay ini menjadi makanan pokok di beberapa negara termasuk Indonesia dan Thailand, serta beberapa negara di Afrika. Singkong dapat memberikan energi yang Anda butuhkan untuk tetap aktif sepanjang hari.

Bukan hanya umbinya yang bermanfaat, bahkan daun singkong juga dikenal sebagai sayuran khas masakan padang. disamping itu daun singkong juga bermanfaat untuk menghentikan pendarahaan saat terjadi luka (luka iris atau luka lecet karena terjatuh). Cara menggunakan daun singkong sebagai obat luka adalah dengan mengunyah 1 helai daun singkong ukuran sedang sampai lumat, kemudian membalurinya pada luka hingga tertutup, lalu biarkan hingga kunyahan daun singkong mengering.
   

Nah, ini adalah beberapa khasiat umbi singkong bagi kesehatan, seperti dilansir Livestrong via merdeka :

1. Kaya serat

Singkong kaya akan serat, dan serat memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk membantu menurunkan tekanan darah, kolesterol jahat, dan mengatur kadar gula darah.

2. Kaya magnesium dan tembaga

Singkong juga mengandung banyak magnesium dan tembaga. Makanan kaya magnesium dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko osteoporosis, sedangkan makanan kaya tembaga dapat mendukung fungsi saraf.

3. Baik untuk jantung dan anti-kanker

Singkong mengandung banyak vitamin C dan folat. Kandungan folat dalam singkong dapat melindungi Anda dari kanker usus besar dan mengurangi risiko komplikasi selama kehamilan. Dan asupan tinggi vitamin C dapat menawarkan perlindungan terhadap penyakit jantung koroner dan beberapa jenis kanker.

Peringatan:
Jangan makan singkong mentah, karena itu mengandung bahan kimia yang disebut glukosida cyanogenic, yang beracun untuk tubuh. Memasak singkong dengan memanggang atau merebus dapat mengurangi senyawa tersebut ke tingkat yang aman.

Lalu apa manfaat batang singkong? setahu saya batang singkong jika sudah panen ubinya, maka batang singkong dipotong sepanjang 10 cm, khasiatnya ? yah tentu saja untuk melanjutkan proses regenerasi tanaman singkong, alias sebagai bibit. hehehe...

Related Posts

No comments:

Post a Comment

Harap Maklum Masbro, Komentar dengan Link Aktif Otomatis Terhapus. Trims