--> Cara Termudah Membuka Durian Atau Belah Duren | TeknoRC

Seputar SainTech, Gadget dan Internet Plus


Monday

Cara Termudah Membuka Durian Atau Belah Duren

| Monday
Tips Membuka Durian. Musim durian telah tiba, sepanjang jalan dipenuhi oleh pedagang musiman durian. Ada yang membuka lapak di trotoar dan taman atau menggelar dagangan durennya di atas mobil bak terbuka dengan harga yang bersaing, maklumlah lagi musim duren.

Musim durian artinya stok durian tumpah ruah karena itulah harganya cenderung lebih murah dibandingkan diluar musimnya. Bahkan duren dengan ukuran sedang bisa dinikmati dengan merogoh kocek sepuluh hingga libelas ribu saja.

Pokoke para penggemar durian benar-benar akan dibuat mabuk oleh buah kesukaan mereka. Nah agar sobat pencinta durian tidak mabuk duren, kami telah pernah membahas Cara Ampuh Mengatasi Mabuk Duren pada tulisan terdahulu.


Sekarang kita bicara masalah, cara termudah mengupas durian. bahkan katanya bisa membuka durian tanpa alat bantu.

Kalo kita beli duren dan langsung makan ditempat penjual duren dengan menu ketan, maka kita tidak perlu memikirkan cara belah duren tersebut karena penjual durianlah yang akan menyajikannya siap disantap bersama ketan.

Masalahnya adalah jika kita beli durian dan berencana untuk membawanya pulang dan mengupasnya sendiri maka kita harus tau bagaimana cara membuka durian agar nantinya kita tidak mengalami cedera karena bagaimanapun pekerjaan membelah durian cukup beresiko sebab durian dipenuhi duri bak landak yang siap mencabik tangan atau kaki sobat jika slip sedikit saja saat membelah duren.

Ada 2 cara belah duren yang saya ketahui :

1. belah duren menggunakan pisau atau parang

JIka sobat membuka durian menggunakan pisau atau parang maka sobat harus memperhatikan pantat durian dengan jeli. Biasanya duren yang sudah matang sempurna akan membentuk alur yang berpusat pada ujung buah durian.

Mulailah menancapkan ujung pisau atau parang ditengah ekor durian dengan arah condong kesalah satu alur durian tersebut dengan sedikit tekanan. Kemudian ulangi pada alur sisi yang sejalan, setelah itu sobat bisa membuat rongga dengan menarik sisi yang sudah terbelah tersebut. Jika ini berhasil maka untuk sisi lainnya sobat akan mudah melakukannya.

Beberapa durian yang kurang matang akan sulit untuk menancapkan pisau atau parang sesuai dengan alur buah durian sehingga pekerjaaan membuka durian akan terasa begitu sulit dan disinilah dibutuhkan kehati-hatian.

2. Belah Duren dengan Kaki

Apa mungkin belah duren menggunakan kaki? Padahal dengan benda tajam saja cukup sulit. Maksudnya bukan dengan kaki telanjang tapi menggunakan sepatu atau sandal yang tapaknya cukup keras (bukan sandal jepit).

Caranya, sobat pakai sepatu atau sandal disalah satu kaki, kemudian mulailah berdiri diatas durian yang sudah direbahkan tersebut sambil sedikit memberi tekanan pada pijakan sobat. Jika duriannya matang sempurna maka akan langsung merengkah sesuai alur duren tersebut dan sobat tinggal membukanya dengan mudah.

Hati-hati saat berdiri di atas duren jangan sampai terpeleset, carilah dinding atau sesuatu sebagai pegangan tangan. Sebab jika sobat malah terpeleset dan terduduk di atas duren tidak dapat saya bayangkan bagaimana rasanya tuh pantat ditancap kulit durian...

Dari kedua cara belah duren tersebut menurut saya cara kedua lebih mudah diaplikasikan. bagaimana menurut sobat tekno?

Related Posts

No comments:

Post a Comment

Harap Maklum Masbro, Komentar dengan Link Aktif Otomatis Terhapus. Trims