10 Keunikan Seekor Unta

Siapa yang tidak kenal dengan unta. Hewan yang memiliki punuk di punggung-yang dinisbatkan pada kaum wanita berpakaian tapi telanjang yang tidak akan mencium bau surga-lazim ditemukan di wilayah jazirah Arab. Unta di berbagai negara kerap dijadikan objek foto wisatawan, seperti di Arab Saudi dan Mesir.

Namun, di balik itu, terdapat beberapa fakta menarik tentang unta. Berikut 10 fakta menakjubkan tentang hewan padang pasir ini sebagaimana dilansir dari thefactsite:

1. Unta ialah binatang yang tahan dengan berbagai iklim atau cuaca. Hewan ini memiliki punuk atau gundukan yang berfungsi menyimpan lemak sehingga dapat membantu mereka bertahan hidup pada cuaca dingin, meski unta punya habitat di iklim panas. Bahkan, jika diperlukan, lemak pada unta itu dapat dikonversi ke dalam makanan atau air.

2. Unta membutuhkan cairan cukup untuk dapat bertahan hidup di padang gurun tanpa terserang dehidrasi. Sehingga, tak heran jika unta mampu minum sebanyak 40 galon air sekaligus. Sungguh menakjubkan bukan?

3. Unta memiliki gigi dan rahang yang kuat. Sehingga, mulut unta tidak akan cedera saat memakan ranting berduri atau makanan lainnya yang dapat menyebabkan cedera pada hewan lain kebanyakan.


4. Mayoritas mamalia, termasuk manusia, hanya perlu kehilangan 15 persen air sebelum akhirnya mengalami dehidrasi. Namun, unta dapat kehilangan hingga 25 persen cairannya, yang berarti mereka masih bisa bepergian lebih jauh tanpa pasokan air.

5. Lubang hidung unta bisa dikatakan menakjubkan. Mereka mempertahankan uap air yang dapat dikembalikan ke tubuh saat diperlukan, tetapi mereka juga dapat ditutup jika ada terlalu banyak pasir atau kencangnya hembusan angin padang gurun.

6. Unta tidak hanya meludah untuk bersenang-senang. Jika mereka merasa terancam, mereka akan menggunakannya sebagai mekanisme pertahanan. Menyenangkan untuk unta dan mereka akan lebih baik untuk Anda.

7. Jika Anda mengunjungi Abu Dhabi, Anda akan dapat mengambil milkshake unta atau susu unta murni. Susu unta mengandung Vitamin C dan zat besi dan sangat baik untuk Anda. Hal ini digunakan di Kazakhstan untuk membantu mengobati penyakit, seperti tuberkulosis.

8. Meski terlihat sangat lamban, unta ternyata dapat berlari hingga kecepatan 40 mph. Namun, mereka tidak dapat mempertahankan ini untuk waktu yang lama, tapi dapat senantiasa nyaman bergerak hingga kecepatan 25 mph.

9. Anda bisa melihat unta tanpa punuk ialah ketika ia pertama kali dilahirkan. Setelah usia unta sudah cukup untuk mengonsumsi makanan padat, maka punuk atau gundukan itu mulai tumbuh.

10. Hewan unta telah digunakan selama perang di masa lalu seperti di era Yunani kuno, Romawi dan Persia. Unta juga masih digunakan pada abad ke-20. (okezone)
Labels: Fenomena, saintech
0 Komentar untuk "10 Keunikan Seekor Unta"

Harap Maklum Masbro, Komentar dengan Link Aktif Otomatis Terhapus. Trims

Back To Top