--> Kebiasaan Anak-Anak Saat Puasa Ramadhan | TeknoRC

Seputar SainTech, Gadget dan Internet Plus


Saturday

Kebiasaan Anak-Anak Saat Puasa Ramadhan

| Saturday
Anak minta berbuka siang hari. Ramadhan adalah bulan penuh berkah dan hikmah. Pada masa inilah anak berlatih melaksanakan ibadah wajib bagi setiap muslim yaitu berpuasa selama sebulan penuh (jika anak mampu). Berbagai upaya dilakukan oleh orang tua (ayah-bunda) untuk memacu semangat anak mereka dalam menjalankan kewajiban tahunan ini.

Ada ortu yang menjanjikan hadiah jika anak mampu menuntaskan puasa sebulan penuh tanpa bolong, ada juga yang diberi hadiah harian jika mampu puasa sehari penuh sejak waktu imsak sampai waktu berbuka. semua itu tidak terlepas dari tingkatan usia anak. mulai dari tingkat TK sampai SD.


Nah, tahukah sobat bahwa tidak semua orang tua dapat memberikan hadiah kepada anak mereka yang berhasil melaksanakan puasa karena berbagai alasan, baik karena faktor ekonomi maupun faktor lainnya yang dikhawatirkan akan membuat mental anak tidak bagus setelah dewasa nanti karena menjalankan ibadah dengan mengharap imbalan manusia dan bukan karena Allah.

Ternyata dalam menjalankan puasa berbagai tingkah laku anak dapat kita temukan, diantaranya seperti yang akan kita uraikan berikut ini ;

1. Berlama-lama saat mandi
2. Pura-pura sakit atau lemes
3. Minum air kran
4. Tidur seharian
5. Merengek minta berbuka

Sebagai orang tua kita tidak boleh menghakimi anak jika mereka melakukan kecurangan dengan puasanya. jika kita memergoki anak berbuat curang cukup diberi peringatan akan dosa yang akan mereka terima setelah baligh jika masih suka curang dalam beribadah.

Terutama sekali adalah kita sebagai orang tua harus menghargai semangat dan kemauan anak untuk ikut mencoba berpuasa sesuai kemampuan mereka. hal ini dapat dimulai dengan puasa setengah hari hingga mereka terbiasa berpuasa sehari penuh hingga lebaran tiba dan kita semua merayakan hari kemenangan di hari raya idul fitri.

Baca juga : Menu Buka Puasa Favorit Anak 

Related Posts

No comments:

Post a Comment

Harap Maklum Masbro, Komentar dengan Link Aktif Otomatis Terhapus. Trims