Cara Lancar Komunikasi Online Saat Lebaran

Tiap jelang Hari Raya, baik hari raya Idul Fitri, hari natal atau imlek, khususnya lebaran di waktu malam Takbiran hingga pelaksanaan sholat Ied, jaringan telekomunikasi dan internet biasanya akan mengalami lonjakan trafik sehingga menimbulkan berbagai gangguan.Gangguan tersebut bisa berupa jaringan yang melambat atau lelet, pesan gagal terkirim, hingga terputusnya sinyal.

Namun, ada 5 tips yang dapat Anda lakukan untuk lancar berkomunikasi online ( FB, Twitter, Path, Instagram, YM, camfrog, skype, whatsapp, Line, BBM dll) saat lebaran . Mau tahu apa saja?

Persiapkan jauh-jauh hari
Sebaiknya lakukan persiapan dari jauh-jauh hari. Misalnya seperti saat akan mengirim ucapan atau kartu lebaran via online atau messager.

Sebelum mengirim, usahakan ukuran atausize file diperkecil sehingga tidak berat saat dikirim dan lebih mudah.


Hindari waktu trafik yang sedang tinggi
Usahakan untuk menghindari waktu saat malam Takbiran hingga pagi hari saat Lebaran. Karena jam-jam tersebut akan sangat sibuk dan dipastikan trafik meningkat.

Anda bisa mengirim ucapan dan berkomunikasi saat sebelum malam Takbiran atau pada siang hari saat Lebaran sekitar pukul 12.00 WIB ke atas.

Cari posisi untuk sinyal terbaik
Sebelum mengirim ucapan atau pesan pastikan posisi berada di lokasi dengan sinyal terbaik. Sinyal sangat berpengaruh, jika berada dalam lokasi dengan sinyal buruk. Carilah tempat yang lebih baik dulu agar pesan atau ucapan bisa sukses terkirim.

Hindari broadcast message
Hindari mengirim ucapan atau pesan secara berantai. Misalnya mengirim broadcast message langsung ke semua kontak atau mengirim pesan dan ucapan secara langsung. Ini akan mengakibatkan loadtinggi dan akan banyak terjadi gagal kirim.

Lebih baik jika pesan atau ucapan pengirimannya dicicil. Satu kali kirim untuk lima kontak dan seterusnya sesuai keinginan Anda.

Bijak dalam menggunakan jaringan
Dari keempat tips tadi, semuanya kembali lagi ke layanan dari operator jaringan yang Anda gunakan. Semua operator penyedia jaringan komunikasi pasti akan meningkatkan layanannya pada pengguna setiap menjelang Hari Raya.

Namun, untuk mengantisipasi terjadinya gangguan tidak ada salahnya Anda lebih bijak dalam menggunakan jaringan untuk kebaikan sendiri.

Selamat Hari Raya Idul Fitri. Minal Aidin Wal Faizin. Mohon Maaf Lahir dan Batin. (inilah)
Labels: Gadget, Internet
0 Komentar untuk "Cara Lancar Komunikasi Online Saat Lebaran"

Harap Maklum Masbro, Komentar dengan Link Aktif Otomatis Terhapus. Trims

Back To Top