--> Postingan Blog Berada di Page 1 Google, Rasanya Gimana? | TeknoRC

Seputar SainTech, Gadget dan Internet Plus


Sunday

Postingan Blog Berada di Page 1 Google, Rasanya Gimana?

| Sunday
Cara Agar Postingan Blog Tampil di Page 1 Google. Banyak blogger yang mendambakan artikel atau postingan blog mereka mendapat tempat di halaman 1 google apalagi kalau berada pada ranking 1 wuih...mantap bener... Tapi tidak semua blogger akan beruntung memperoleh peringkat yang menggiurkan ini, meskipun seorang webmaster dan atau ahli SEO.

Sebagaimana kita ketahui, banyak rahasia tersembunyi dari mesin pencari terutama google sebagai search engine dominan di dunia. algoritma google selalu diperbarui dalam beberapa rentang waktu dan hal ini sebenarnya membawa efek positif dan negatif bagi pelaku blogging sedunia. (17 Tips Rahasia Browsing di Mesin Pencari Google)

Blogger profesional yang menjadikan peringkat utama di halaman depan mesin pencari sebagai ajang bisnis internet akan merasa gusar dengan perubahan sistem algoritma mesin pencari. Apa sebab, karena mereka menjual jasanya kepada webmaster melalui paket SEO (search engine optimation).


Nah, jika sebuah mesin pencari secara rutin melakukan updated sistem crawling dan perayapan pada mesin pencarinya otomatis SERP yang telah didapat perlahan akan menurun dan tidak mustahil situs pelanggan mereka akan terdepak dari halaman utama mesin pencari terlebih lagi jika konten atau artikel yang disajikan tidak berkualitas.

Lain halnya dengan blogger amatiran seperti saya, dengan adanya perubahan sistem algoritma google terbaru ini maka, kami-kami yang masih awam dengan teknik SEO dapat sedikit terbantu untuk mencoba merasakan menjadi juara atau setidaknya dapat bercokol pada halaman satu google search engine.

Meskipun ilmu SEO on page saya masih labil, awalnya saya cukup gusar dengan adanya perubahan algoritma ini karena jujur saja saya sudah beberapa tahun menekuni dunia blogging ini, meskipun tidak terlalu serius. Apalagi dalam 2 tahun terakhir, blog tekno rc ini sudah memiliki SERP yang bagus di beberapa mesin pencari utama seperti google, yahoo dan bing.

Apa itu SERP ? serp adalah singkatan dari search enginge ranking page alias ranking postingan pada halaman mesin pencari. setiap blogger yang mengetahui seluk beluk mesin pencari dan blogging, pemula maupun master pasti mendambakan postingan artikel mereka berada di halaman pertama google.

Karena dengan beradanya link postingan kita pada halaman pertama apalagi mendapat ranking 1,2 dan 3 maka akan memperbesar peluang mendapat trafik yang tinggi dari mesin pencari. nah jika link blog kita sudah menghilang dari halaman 1 google bahkan sudah tidak dijumpai lagi meskipun sampai halaman 10 maka ibaratnya blog kita sudah kehilangan pamor dan akan sulit dijumpai kecuali pengunjung yang sudah hafal alamat blog kita. jika ini terjadi maka visitor yang datang sudah ibarat senin kamis alias kasihan ombak semata.

Sejak adanya perubahan algoritma pada sistem pencarian mobile, blog tekno rc juga merasakan dampaknya. ketika itu tidak berhasil save template setelah melakukan editing html. tampilan blog menjadi amburadul. Setelah mendapatkan solusinya (Ubah Blog1 menjadi Blog2 mengatasi blogger error) dan tampilan blog kembali normal, masalah kembali datang dengan laporan duplicate title tag yang berjibun hingga ratusan pada webmaster tool.

Duplicate title tag inilah yang menyebabkan SERP tekno rc menjadi hancur lebur selama beberapa minggu, bahkan sampai hari ini masih belum normal, cuma sudah mulai nampak ada perubahan. Duplicate title tag ini berupa html?m=0. artinya terjadi 2 x peng-index-an terhadap alamat blog yang sama untuk versi desktop dan mobile.

Padahal sebelum diberlakukannya optimasi mesin pencari mobile oleh google, permasalahan ini tidak pernah terjadi. bahkan solusi dengan menempatkan kode canonical pada template tidak berdaya sama sekali sehingga saya sempat frustasi dengan keadaan ini karena seperti yang saya sampaikan bahwa ilmu SEO dan coding saya hanyalah otodidak.

Setelah menerapkan beberapa saran dari rekan blogger lainnya via postingan mereka, saya mulai melihat ada perubahan pada SERP postingan blog ini. satu persatu link postingan blog tekno rc mulai kembali berada di tempat yang seharusnya... No.1 in Page 1 google search. meskipun duplicate title tag masih ratusan dan belum berkurang sedikitpun.

Jadi jika sobat blogger menanyakan, bagaimana rasanya blog berada di halaman 1 apalagi dapat ranking 1 pencarian google, maka jawabannya adalah seneneeeeeng buaaaangggeeettt... semoga tetap langgeng dan terus bertambah postingan blog tekno rc yang menjuarai SERP.

Baca Juga : Ganti Template Blog Visitor Turun Bukan Omong Kosong

Related Posts

No comments:

Post a Comment

Harap Maklum Masbro, Komentar dengan Link Aktif Otomatis Terhapus. Trims