--> Pengalaman Berharga dari Gerhana Matahari Total | TeknoRC

Seputar SainTech, Gadget dan Internet Plus


Tuesday

Pengalaman Berharga dari Gerhana Matahari Total

| Tuesday
Fenomena gerhana matahari total yang terjadi pada Rabu 9 Maret, meninggalkan banyak pelajaran yang bisa dipetik oleh para ilmuwan. Peristiwa yang tergolong langka itu dapat menjadi sumber ilmu yang penting bagi kemajuan ilmu pengetahuan.

Pertama, gerhana matahari dapat membantu ilmuwan menentukan bentuk bulan secara lebih presisi. Dalam mengukur bulan, Astrofisikawan dapat membuat ukuran ilmiah dengan bekerja sama dengan stasiun luar angkasa.

Kedua, gerhana matahari total memungkinkan ilmuwan untuk mengukur secara akurat diameter matahari. Dalam pengukuran, ilmuwan akan mengukur gerhana yang terinduksi dengan atmosfer terluar Bumi.


Selain soal diameter, gerhana juga dapat memberikan informasi seputar struktur korona matahari. Seperti diketahui, bagian ini tidak akan terlihat ketika hari biasa.

Sebagai informasi, Korona adalah bagian terluar dari matahari. Korona matahari sendiri terbagi dalam dua jenis, yang pertama adalah K Corona yang berperan untuk menyebarkan sinar matahari sampai bumi, kemudian F Corona yang memiliki bentuk sepeti debu. Demikian seperti dilaporkan ESA, Selasa (8/2/2016).(oz)

Related Posts

No comments:

Post a Comment

Harap Maklum Masbro, Komentar dengan Link Aktif Otomatis Terhapus. Trims